Apa Itu Rehabilitasi Medik ? RSUD Sumenep Bersama Poli Terpadu Siap Melayani

dr. Didik Permadi, saat lakukan pemeriksaan pada pasien patah tulang, (MR/MI)Keterangan Foto II : Ruangan Poli Terpadu spesialis Rehabilitasi Medik RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep. (Foto: MR/MI)

maduraindepth.com – Sakit, setiap orang tentu tak mau menerima keadaan itu, sakit rohani maupun jasmani. Menjaga pola hidup sehat tentu harus dilakoni sendiri, meskipun terkadang ada pula kondisi badan yang kurang sehat.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep, kini telah memiliki Poli Terpadu, dalam menangani segala ragam penyakit, mulai dari anak-anak hingga tingkatan dewasa.


Direktur RSUD pun menekankan, apabila adanya Poli Terpadu dilahirkan dalam menjawab semua kebutuhan masyarakat.

“Poli Terpadu ini sebentar lagi akan kami resmikan, tentu masyarakat harus tahu ini,” ucap dr. Erliyanti, direktur RSUD Sumenep pada maduraindept, Jumat (13/2).

Lebih spesifik, dia menjelaskan rehabilitasi medik merupakan suatu cabang ilmu kedokteran yg bertujuan untuk meningkatkan dan mengembalikan kemampuan fungsional dan kualitas hidup pasien yang diakibatkan oleh kecacatan fisik atau disabilitas. Baik dari segi biologis, psikis, sosial sampai agama.

“Rehabilitasi Medik ini hadir tentu untuk masyarakat. Kami menangani pasien secara keseluruhan, baik secara biologis, sosial, fisik, serta religiusnya,” kata dr. Didik Permadi, spesialis profesi Rehabilitasi Medik.

Dia menuturkan, Rehabilitasi Medik sebenarnya sudah memang ada di RSUD tersebut, namun perkembangan zaman semakin bertambah, dari segi peralatan maupun tim medis itu sendiri.

“Jadi saat ini kita bisa menangani semuanya, tentunya spesifikasinya kalau saya di Rehabilitasi Medik, itu bisa dari usia muda sampai tua dilayani,” terangnya.

Baca juga:  Lurah Bugih Pasang Banner Tukang Kredit dan Tagih Hutang Dilarang Masuk, Ini Alasannya

Dia mencontohkan, permasalahan pertumbuahan seorang bayi seperti percernaaan tumbuh kembangnya. Dilanjutkan, jika ada pasien di usia tua seperti halnya memiliki patah tulang pasca kecelakaan, juga bisa langsung diperiksakan.

“Poli ini sudah mulai berkembang, dan semua pasien sudah kita layani. Kalau sebulan kita bisa sampai 600 pasien, daratan maupun kepulauan,” tuturnya.

Sementara, jam kerja dari Poli Terpadu tersebut, utamanya Rehabilitasi Medik dibuka sejak hari Senin sampai Jumat, dengan ketentuan jam yang berbeda.

“Senin sampai Kamis dari pukul 07.00 pagi sampai jam 14.00 siang. Sedangkan Jumat dan Sabtu dibuka dari pukul 07.00 pagi sampai sampai 13.00 siang. Minggu libur,” urainya.

Untuk diketahui, kini Rehabilitasi Medik Poli Terpadu RSUD Sumenep telah berstandart mumpuni dengan alat-alat memadai. (MR/AJ)