Air Sungai Desa Gunung Kesan Sampang Meluap

Banjir Gunung Kesan Sampang
Tangkapan layar luapan air sungai di Dusun Rukjeruk, Desa Gunung Kesan, Kecamatan Karangpenang, Kabupaten Sampang, Ahad (10/1). (FOTO: Arief Tirtana/MI)

maduraindepth.com – Akibat diguyur hujan deras di kawasan utara Sampang, air sungai di Dusun Rukjeruk, Desa Gunung Kesan Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang meluap, Ahad (10/1). Luapan air dari sungai mengalir ke areal persawahan dan merendam sejumlah rumah warga di sekitar lokasi tersebut.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang, Ach. Baihaki Munir mengatakan, luapan air sungai lantaran meningkatnya curah hujan di daerah utara sampang.


“Betul, air meluap ke daratan dan membanjiri area persawahan dan rumah milik warga,” terang anggota DPRD Sampang yang merupakan ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Kendati demikian, rumah warga yang terdampak akibat banjir tersebut hanya terdapat beberapa kepala keluarga(KK). Sementara terdampak lainnya adalah areal pertanian.

“Luapan air cukup besar, tapi jauh dari rumah warga, ketinggian mencapai lutut orang dewasa,” terangnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Muhammad Behrah, warga Gunung Kesan. Menurutnya, banjir yang terjadi akibat luapan air sungai memang cukup besar, namun tidak mengkhawatirkan.

“Dari sungai ke perkampungan warga sangat jauh, di lokasi banjir sekitar luapan air sungai hanya ada satu rumah warga yang terdampak,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Desa Gunung Kesan, Abdul Bahri saat dikonfirmasi mengatakan, banjir yang terjadi di desanya hanya terdampak pada lima KK dan menggenangi sekitar dua hektare areal persawahan milik warga

Baca juga:  MOI Jawa Timur Berikan Pembekalan Profesi Jurnalistik, Ini Apresiasi Kominfo Sampang

“Terdampak hanya lima KK dan dua hektare persawahan milik warga,” terangnya.

Hingga berita diterbitkan belum ada keterangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang. Sebab belum ada jawaban dari Kepala Pelaksana BPBD Asroni saat dikonfirmasi melalui selulernya. (RIF/MH)