Belajar Mengelola Sampah Organik Bersama Nyai Ita Terus Berlanjut

nyai ita edukasi pengelolaan sampah sampang
Nyai Ita saat hadir pada kegiatan untuk memberikan materi tentang pengelolaan sampah kepada masyarakat. (Foto: Siska for MID)

maduraindepth.com – Demi kelestarian lingkungan, Dr Hj Ita Fajria atau yang akrab disapa Nyai Ita kembali memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya mengelola sampah. Kegiatan bertajuk “Belajar Mengelola Sampah Organik” oleh Nyai Ita yang merupakan istri KH Muhammad Bin Muafi Zaini (Kyai Mamak) selaku Pengasuh PP Nahzatut Thullab, Desa Prajjan, Sampang, itu digelar di Desa Pangarengan, Kamis (19/9).

Dalam kegiatan tersebut, dokter muda yang aktif sebagai penulis dan konselor ini menggandeng Eco Enzyme Sampang. Kegiatan itu juga dihadiri Ketua Eco Enzyme Sampang Hj Suhartini beserta anggota dan 50 emak-emak serta perempuan muda di Desa Pangarengan.

Pada kesempatan itu, Nyai Ita mengajak peserta untuk menjaga kelestarian lingkungan. Salah satunya dengan mengelola sampah menjadi peluang bisnis melalui Eco Enzyme. Seperti diketahui, eco enzyme merupakan cairan fermentasi yang terbuat dari bahan bahan organik dan dapat digunakan dalam berbagai aplikasi. Mulai dari pertanian hingga kebersihan rumah tangga.

Diterangkan, hasil fermentasi limbah organik dapur menjadi bahan yang mempunyai banyak manfaat untuk alam dan manusia. “Selain itu eco enzyme juga untuk bermanfaat untuk pertanian sebagai filter udara, herbisida dan pestisida alami, filter air, pupuk alami untuk tanaman dan dapat menurunkan efek rumah kaca,” ungkap Nyai Ita.

Baca juga:  Nyai Ita Berbagi Tips Mengelola Sampah Bersama Komunitas Go Green Sampang

Pasca sambutan dan penyampaian materi dari Nyai Ita, kegiatan dilanjutkan dengan praktek oleh Hj Tatik Ruslan yang dipandu oleh Gema Adhania. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *