UMKM Sumenep Harus Mampu Memahami Manajeman Pemasaran

0
28
Sekda Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si saat menghadiri sosialisasi pengembangan dan peningkatan daya saing UMKM.

maduraindepth.com – Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sumenep gelar Sosialisasi Pengembangan dan Peningkatan Daya Saing Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Rabu (24/4/2019).

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Ir. Edy Rasiyadi, M.Si untuk mendukung jangkauan produk industri kreatif semakin luas, para pelaku UMKM di Sumenep harus mampu memahami teknologi informasi. Sebab hal itu merupakan bagian dari manajemen pemasaran.

“Pelaku UMKM harus memiliki strategi khusus agar produk-produknya selalu diminati dan dikenal oleh banyak orang. Untuk itu mereka harus berperan aktif dalam peningkatan kualitas usahanya, sehingga UMKM bisa berdaya saing,” ujar Ir. Edy Rasiyadi, M.Si. Rabu, (24/04) di Hotel Utami Sumenep.

Sekda mengungkapkan, para pelaku UMKM harus berfikir global dengan memanfaatkan teknologi informasi. Karena saat ini, persaingan di segala sektor semakin berat dan cepat.

Sehingga, sambung Edy, bagaimana pun juga harus mengikuti perkembangan supaya usahanya tidak kalah dalam persaingan.

“Manakala pelaku UMKM pola pikirnya hanya fokus pada manajemen tradisional dengan menjual produknya di sekitar Kabupaten Sumenep saja, tentunya pemasarannya tidak begitu luas, sehingga bisa tersingkir dari persaingan,” ucapnya.

Usai membuka sosialisasi tersebut Seda Edy Rasiyadi menyempatkan diri meninjau sejumlah produk unggulan UMKM.

Dia menjelaskan, setelah memanfaatkan teknologi informasi untuk manajemen pemasaran, pelaku UMKM juga harus memperhatikan kemasan produk. Kemasannya harus didesain semenarik mungkin untuk mendapatkan respon pasar.

“Kemasan produk adalah faktor yang bisa diandalkan dan sangat penting peranannya untuk bersaing dengan produk lainnya,” tandasnya. (MR/MH/mi)