Sampaikan Materi Jurnalistik, Wartawan MID Motivasi Siswa Ar-Raudlah Jadi Penulis

wartawan MID maduraindepth materi jurnalistik di mts ar-raudlah pamekasan
Wartawan MID Biro Pamekasan saat mengisi materi jurnalistik. (Foto: Rafi/MID)

maduraindepth.com – Wartawan Maduraindepth (MID) Biro Pamekasan mengajak siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ar-Raudlah, Dusun Lanpelan, Desa Sana Laok, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan, menjadi anak didik yang memiliki keterampilan tulis menulis. Hal itu disampaikan kepada peserta didik baru tahun ajaran 2023-2024 di Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Ar-Raudlah yang mengikuti kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama), Jumat (14/7).

Selama menyimak materi jurnalistik, peserta Matsama terlihat antusias dan aktif. Para peserta juga diberikan pemaparan mengenai tugas pokok dan fungsi wartawan yang dijalankan setiap hari melalui suatu karya berita pada media massa, berupa cetak, elektronik dan online.

banner auto

“Jurnalis bukan hanya berlaku untuk kalangan orang yang berpendidikan lebih tinggi. Namun, sangat perlu dan penting memberikan perkenalan tentang dunia jurnalistik terhadap anak didik siswa sebagai generasi masa depan agar ikut berkarya dan menjadi wartawan yang baik,” ujar jurnalis MID Biro Pamekasan, Abdul Rafi seusai mengisi materi.

Pihaknya, memberikan gambaran kualifikasi terhadap siswa peserta Matsama yang memiliki cita-cita untuk menjadi wartawan dan eksis menulis berita. “Menguasai teknik jurnalistik, yaitu skill meliput untuk menulis berita, feature, dan tulisan opini. Menguasai bidang liputan, serta harus menguasai dan menaati Kode Etik Jurnalistik,” jelasnya.

Kepala MTs Ar-Raudlah, Asim menyampaikan, pemateri jurnalistik sengaja melibatkan orang yang benar-benar menjadi wartawan dan berpengalaman dalam hal tulis menulis berita di berbagai media massa. Tujuan kegiatan pada materi Jurnalistik, sebagai upaya untuk melihat potensi siswa yang mengarah pada minat dan bakat dalam hal karya tulis. Terutama, profesi wartawan yang memiliki tugas menulis berita setiap hari.

Baca juga:  Jaka Jatim Desak Pelaku Pemalsu Tanda Tangan Diungkap, DPRD Pamekasan Enggan Menyampaikan ke Publik

“Ternyata, memang ada sebagian siswa yang tertarik pada dunia jurnalistik. Bahkan, terdorong untuk lebih tahu bagaimana cara menjadi wartawan dan eksis menulis berita. Jadi, siswa Ar-Raudlah memiliki potensi pada dunia tulis menulis,” tukasnya. (Rafi/*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya DI SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto