Ratusan CJH Sumenep Segera Diberangkatan, Bupati Fauzi: Selalu Jaga Kesehatan

Pelepasan cjh sumenep 2024
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menyampaikan sambutan dalam acara manasik akbar dan pelepasan simbolis jemaah haji 2024 di Gedung Korpri, Rabu (5/6). (Foto: Moh. Busri/MID)

maduraindepth.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar manasik akbar dan pelepasan simbolis calon jemaah haji (CJH) tahun 2024. Acara tersebut berlangsung di Graha Wicaksana Abdi Negara-Gedung Korpri, Rabu (5/6).

Kegiatan ini, dihadiri oleh ratusan calon jemaah haji (CJH) yang sudah siap diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah. Selain itu, turut hadir sejumlah pejabat dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD). Termasuk juga, jajaran pejabat dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengungkapkan, semua CJH harus selalu menjaga kesehatan. Supaya, selama proses keberangkatan hingga pulang dari Tanah Suci Makkah, tidak terjadi masalah yang dapat menggangu pelaksanaan ibadah haji.

“Jaga kesehatan dan keselamatan masing-masing. Mulai dari proses keberangkatan, sampai pulang ke kampung halaman,” ungkapnya saat menyampaikan sambutan.

Sehubungan dengan itu, Bupati Fauzi juga meminta agar CJH Sumenep 2024 lebih fokus pada pelaksanaan ibadah. Dia mengimbau kepada para jemaah, untuk tidak memikirkan sesuatu yang kurang penting di luar ibadah haji.

“Semuanya harus fokus terhadap ibadahnya. Jangan malah lebih banyak memikirkan oleh-oleh. Kepada semua jemaah, saya sampaikan selamat menunaikan ibadah haji,” katanya.

Selama proses pelaksanaan ibadah haji berlangsung, semua jemaah harus patuh terhadap pembimbing kloter. Peraturan dan ketentuan yang ditetapkan, wajib dilaksanakan dengan disiplin.

Baca juga:  Segini Jumlah Kuota Calon Jamaah Haji Sumenep 2023

“Sesama warga Sumenep harus saling membantu dan mengingatkan satu sama lain. Jaga kekompakan untuk kelancaran pelaksanaan ibadah haji,” imbaunya.

Bagi umat Islam, haji menjadi bagian ibadah yang sangat istimewa. Sebab, tidak semuanya bisa memiliki kemampuan dan kesempatan dalam menunaikan ibadah tersebut.

Maka dari itu, Bupati Fauzi berpesan kepada jemaah yang sudah terpanggil, untuk memanfaatkan kesempatan itu dengan baik. Dia pun berharap, semua jemaah asal Kota Keris dapat menjadi haji yang mambrur.

“Ini merupakan kesempatan emas bagi yang bisa melaksanakannya. Maka dari itu, saya berpesan agar memaksimalkan kesempatan ini,” tegasnya.

Untuk diketahui, CJH asal Sumenep tahun 2024, dijadwalkan berangkat pada Jumat (7/6) dini hari. Untuk lokasi pemberangkatannya, akan dilepas dari Jalan Dr Soetomo, depan mall pelayaman publik (MPP) atau depan Labang Mesem Keraton Sumenep.

Sebelumnya, pemberangkatan CJH asal Sumenep dicanangkan berangkat dari Stadion A Yani. Hanya, penempatan lokasi pemberangakatan itu mengalami perubahan atas beberapa pertimbangan.

Kepala Kemenag Sumenep Abd. Wasid menyebutkan, jumlah CJH asal Kota Keris tahun ini, sebanyak 898 orang. Semua jemaah tersebut, berasal dari berbagai kecamatan. Mulai dari wilayah daratan dan kepulauan.

“CJH asal Sumenep terbagi tiga kloter. Yaitu kloter 96, 97 dan 98,” pungkasnya. (bus/*)

Baca Berita Menarik Lainnya DI SINI atau Ikuti Kami di Saluran Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *