Percepat Kebangkitan IKM, Gedung Dekranasda Diresmikan

Ketua Dekranasda Sampang, Mimin Slamet Junaidi (tengah) foto bersama di depan gedung Dekranasda, Jumat (25/3). (Foto: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Setelah beberapa tahun dibiarkan tak berfungsi, kini Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) resmi dibuka. Gedung ini diproyeksikan sebagai lokasi pembenahan ekonomi di Sampang setelah pandemi Covid-19.

Gedung yang berlokasi di sebelah kantor KONI tersebut diresmikan oleh Ketua Dekranasda Sampang, Mimin Slamet Junaidi. Hadir pada acara tersebut antara lain, Wakil Ketua TP PKK Sampang Vanny Abdullah Hidayat, Ketua Persit Kodim 0828/Sampang, Kepala Diskopindag Suhartini Kaptiati, Camat dan Lurah serta pengurus BPC HIPMI.


Ketua Dekranasda Sampang Mimin Slamet Junaidi berharap, dibukanya gedung Dekranasda bisa mempercepat kebangkitan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Sampang akibat Pandemi Covid-19.

Menurutnya, peresmian gedung Dekranasda tidak terlepas dari peran penting Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sampang yang bertugas mengembangkan IKM kedepannya.

“Keberadaan Dekranasda harus bisa menjadi wadah para pengrajin di Kabupaten Sampang. Gedung yang baru saja diresmikan ini akan berkolaborasi dengan HIPMI dalam pengelolaannya,” ujarnya, Jumat (25/3).

Mimin menjelaskan, kolaborasi antara Dekranasda dengan HIPMI membawa angin segar bagi para pelaku usaha di Kabupaten Sampang.

“Dekranasda sebagai organisasi non profit terdiri dari masyarakat pencinta seni dan kerajinan, memiliki jiwa pengabdian untuk membina serta mengembangkan kerajinan sebagai salah satu upaya pelestarian budaya bangsa,” terangnya.

Baca juga:  Istri Bupati Sampang : Siapa Bilang Anak Pondok Tidak Bisa Masuk Akpol

Gedung tersebut, lanjut dia, dapat dimaksimalkan dalam jangka panjang untuk mempromosikan produk-produk IKM Sampang.

“Adanya gedung ini nantinya menampung hasil produksi kerajinan asal Kota Bahari, sehingga bisa terus meningkat dan berimbas pada peningkatan perekonomian daerah sendiri,” tegasnya.

Ketua BPC HIPMI Sampang, Jufriadi menyampaikan, momentum peresmian gedung Dekranasda merupakan suatu hal yang bersejarah. Pasalnya, gedung tersebut sudah dibangun beberapa tahun yang lalu, namun tidak difungsikan karena Covid-19.

“Patut bangga, ini membuktikan jika kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati saat ini semuanya bergerak dan berbenah, termasuk sektor ekonomi peduli terhadap pelaku usaha,” ucapnya.

Sebagai wadah para pengusaha muda, pihaknya berharap sinergitas dengan Pemerintah Daerah terus dilakukan. Sehingga, keberadaannya mampu memberikan kontribusi positif.

“Pengembangan ekonomi pasca Covid-19 harus kita dukung. Bersma pemerintah daerah dan stakeholder lainnya, IKM di Sampang harus bangkit lagi,” tegasnya. (Alim/AW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here