MTD Sampang Tuntut Presiden Jokowi Tetapkan Pangeran Trunojoyo Sebagai Pahlawan Nasional

H. Daiman, koordinator Madura Tempoe Doeloe (MTD) Sampang membacakan petisi dihadapan komunitas dan tokoh masyarakat dan pemuda, Minggu (19/7). (Sah/MI)

maduraindepth.com – Komunitas Madura Tempoe Doeloe (MTD) Sampang, Madura menuntut Presiden Jokowi segera memberikan gelar pahlawan nasional kepada Pangeran Trunojoyo. Tokoh asal Sampang ini dianggap memiliki kontribusi besar dalam mengusir penjajah dari bumi Nusantara.

Tuntutan tersebut dituangkan dalam sebuah petisi yang dibacakan oleh komunitas MTD di tempat kelahiran (Pebabaran) Pangeran Trunojoyo di jalan Pahlawan, Gang VII, Kelurahan Rongtengah, Sampang, Minggu (19/7).


“Kami bersama elemen masyarakat Madura sudah lama memperjuangkan dan mengusulkan Pangeran Trunojoyo agar segera ditetapkan sebagai pahlawan nasional, namun upaya tersebut hingga saat ini belum berhasil,” ungkap H. Daiman, Koordinator MTD Sampang.

Bahkan terakhir, kata H. Daiman, pihaknya telah bertemu dengan wakil presiden KH. Makruf Amin dan Sri Sultan Hamengkubuwono Jogjakarta, menyampaikan aspirasi masyarakat Madura agar Pangeran Trunojoyo ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

“Kami berharap Presiden Jokowi segera menetapkan Pangeran Trunojoyo sebagai pahlawan nasional,” harapnya.

Ziarah dan pembacaan petisi dilaksanakan di Pebabaran atau tempat lahirnya Pangeran Trunojoyo di Jl. Pahlawan Gang VII, Sampang. Kegiatan ini dihadiri oleh komunitas MTD, anggota DPRD, Disporabudpar dan sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda. (AW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here