Menuju Pilkades Tahap Dua, DPMD Sumenep: Kita Lebih Kepada Sisi Keamanan

0
22
DPMD Sumenep
Kepala DPMD Sumenep, Moh Ramli. (MR/MI)

maduraindepth.com – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 tahap pertama di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, usai terlaksana pada Kamis (07/11/2019) lalu. Pilkades tahap pertama ini dilaksanakan di wilayah daratan.

Pelaksanaan Pilkades serentak tahap pertama di wilayah daratan sempat diwarnai dinamika. Seperti yang terjadi di Desa Gaddhu Barat, Desa Pragayaan Daya, Desa Lombang dan Desa Matanair serta Desa Juruan Laok.

Sesuai jadwal, Pilkades serentak tahap kedua di wilayah kepulauan akan dilaksanakan pada 14 November mendatang. Di wilayah kepulauan, total ada 52 desa yang bakal menggelar Pilkades di tanggal tersebut.

Menjelang pelaksanaan Pilkades tahap dua, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran Pilkades.

Kepala DPMD Sumenep Moh. Ramli mengatakan, Pilkades sejatinya ialah untuk memilih figur sebagai pemimpin desa. Karena itu Pilkades harus berjalan sesuai aturan dan tidak sampai menimbulkan hal-hal yang dapat mencederai pesta demokrasi di tingkat desa.

“Sebagai pesta rakyat di tingkat desa, Pilkades mestinya disikapi dengan riang-gembira. Tak perlu gontok-gontokan supaya tidak sampai terjadi hal-hal yang justru dapat merugikan masyarakat sendiri,” kata Ramli, dihubungi, Ahad (10/11).

Berkaca pada pelaksanaan Pilkades tahap pertama dan alasan geografis. Menurut mantan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep itu, yang perlu diantisipasi betul dari Pilkades tahap kedua nanti ialah di sisi keamanan.

Untuk itu, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan. Dalam hal ini TNI/Polri. “Mekanismenya seperti apa, aparat keamanan lebih tahu. Apakah dengan penebalan pasukan atau seperti apa. Tapi intinya kami sudah sepakat sisi keamanan harus jadi atensi,” pungkasnya. (MR/MH)