Makam Ratu Ibu, Rekomendasi Wisata Religi di Sampang

Makam Ratu Ibu
Wisata religi, Komplek Makam Ratu Ibu yang berlokasi di Madegen, Kelurahan Polagan, Sampang. (Foto: MID25)

maduraindepth.com – Pulau Madura memiliki banyak tempat wisata religi yang bisa dikunjungi wisatawan. Salah satunya, komplek Makam Ratu Ibu Madegen. Wisata religi ini terletak di Madegen, Kelurahan Polagan, Sampang.

Pintu utama komplek Makam Ratu Ibu terdapat gapura besar dari susunan batu. Masih alami, seperti bangunan zaman dulu. Setiap harinya, banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut.

banner 728x728

Juru kunci Makam Ratu Ibu Madegen, Muzakki menuturkan, pemakaman Ratu Ibu ini memiliki sejarah panjang yang tidak bisa dilupakan. Seperti pembangunan masjid didekat Makam Ratu Ibu yang konon selesai hanya dalam satu malam

“Sering kali pengunjung datang kemari untuk melihat langsung Makam Ratu Ibu, kadang sehari ada rombongan yang berjumlah 450 orang,” ucapnya, Selasa (22/11).

BACA BERITA TERKINI DI SINI

wisata religi sampang
Komplek Makam Ratu Ibu yang berlokasi di Madegen, Kelurahan Polagan, Sampang. (Foto: MID25)

Sejarah menyebutkan, kata Muzakki, jika di daun pintu Gapura Paduraksa yang berada di komplek Makam Ratu Ibu terdapat relief berupa seekor naga yang tertembus panah sampai ekornya sebagai sangkala memet yang berbunyi ‘Naga Kapanah Titis Ing Midi’. Relief itu menyimpan arti sebuah tahun sakral ketika Raden Praseno diangkat sebagai penguasa Madura Barat oleh Sultan Agung.

“Naga Kapanah Titis Ing Midi merujuk pada angka tahun 1546 Caka atau 1624 Masehi,” paparnya.

Sementara itu, Kabid Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang, Endah Nursiskawati menjelaskan, potensi wisata religi di Madura, khususnya di Kota Bahari cukup banyak. Dia menyebut, peningkatan kunjungan berdampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

Baca juga:  Fraksi PKB Desak Pilkades Digelar Tahun Ini, Begini Tanggapan Bupati Sampang

“Karena pasar wisata religi di Madura sangat tinggi peminatnya, salah satunya wisata religi yaitu makam Ratu Ibu Madegen,” pungkasnya. (MID25/*)

banner 728x728

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

banner 728x90
WhatsApp Kirim Info