Mahasiswa UTM Buat Kelompok Belajar dan Bermain untuk Anak SDN Pagarbatu 1

mahasiswa KKN UTM pagarbatu
Mahasiswa KKN-T 04 UTM saat melaksanakan program kerja belajar dan bermain di SDN Pagarbatu 1, Saronggi, Sumenep, Senin (2/1). (Foto: IST)

maduraindepth.com – Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang tergabung dalam KKN-T 04 Desa Pagarbatu melaksanakan program belajar dan bermain di SDN Pagarbatu 1, Kecamatan Saronggi, Sumenep. Kegiatan itu sebagai sarana mengenal lingkungan sekolah dan berbagi ilmu antar mahasiswa dengan siswa dan guru.

Mahasiswa KKN-T 04 UTM yang ditempatkan di Desa Pagarbatu melaksanakan salah satu program kerja (Proker) berupa permainan ular tangga yang diperuntukkan bagi anak sekolah dasar. Kelompok belajar menggunakan pembelajaran ular tangga adalah salah satu media yang diminati kalangan anak-anak.

Peserta didik di SDN Pagarbatu 1 mengikuti permainan dengan antusias dan semangat. Pada permainan itu, disetiap angka pada papan di ular tangga berisi sebuah pertanyaan yang nantinya akan dijawab oleh siswa. Pertanyaan yang berada dalam permainan tersebut berupa pertanyaan umum.

Ular tangga dimainkan dua tim dengan ketentuan bagi yang menyelesaikan misi hingga finish, maka tim tersebut yang menjadi pemenang. Termasuk mendapatkan hadiah dari panitia.

Dosen Pembimbing Lapangan, Yufita Listiana menjelaskan, permainan ini ditujukan untuk siswa sekolah dasar kelas rendah yang bertujuan agar anak-anak tetap semangat dalam belajar. “Melalui permainan yang edukatif dengan harapan melalui media pembelajaran ular tangga,” ujarnya, Rabu (18/1).

Latih Perangkat Desa Pagarbatu Operasikan Microsoft Excel

mahasiswa KKN UTM Pagarbatu
Mahasiswa KKN-T 04 UTM saat melaksanakan program kerja pelatihan Microsoft Excel bagi perangkat desa dan PKK Pagarbatu, Saronggi, Sumenep, Jumat (6/1). (Foto: IST)

Selain melaksanakan program pembelajaran bagi siswa, mahasiswa KKN-T 04 UTM juga melaksanakan kegiatan pengabdian dengan menggelar program kerja pelatihan Microsoft Excel. Sasaran pelatihan ini yaitu perangkat desa dan Ibu-ibu PKK Desa Pagarbatu.

Baca juga:  Ketua KONI Sumenep Dukung Maulana Ismail Raih Juara pada Asian U20 Athletics Championships di Dubai

Program kegiatan ini dilaksanakan atas dasar banyaknya pekerjaan administrasi yang menjadi tugas perangkat desa dan PKK. “Kami sebagai mahasiswa mengenalkan dan membagi ilmu tersebut kepada masyarakat sehingga berguna dan bermanfaat dalam kegiatan maupun pekerjaan disetiap harinya,” jelas Irfan Maulana, selaku Koordinator KKN-T 04 UTM. (*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto