Langkah Konkret Bupati Sampang Tingkatkan Transportasi Laut

0
81
Pelabuhan Trunojoyo Taddan
Kementerian Perhubungan Budhi Karya Sumadi (depan) saat melakukan pemantauan pembangunan plengsengan di Pelabuhan Trunojoyo Taddan, Sampang, Madura. (Foto: RIF/MI)

maduraindepth.com – Langkah Konkret Bupati Sampang dalam meningkatkan transportasi laut diawali dengan diresmikannya pelabuhan Trunojoyo Taddan Sampang, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Sabtu (30/11) oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia (RI) Budhi Karya Sumadi.

Dengan diresmikannya pelabuhan Trunojoyo Taddan, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi berupaya akan meningkatkan Penghasilan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sampang dengan cara akan membangun terminal didalam lokasi Pelabuhan Taddan. Dia berpendapat, terminal merupakan unit fasilitas untuk pelayanan umum, dalam pergerakan manusia dan barang dari satu tempat ke tempat lain.

“Dengan melihat jarak yang cukup jauh, maka nantinya akan di lakukan pembangunan terminal, dilokasi pelabuhan, sehingga akan mempermudah masyarakat menuju kapal,” ujarnya.

Selain itu, upaya penambahan kapal akan dilakukan guna mempermudah tumpangan kendaraan bermotor (roda empat), sehingga masyarakat dapat melakukan angkutan kebeberapa daerah melalui jalur laut.

Masih menurut H. Idi, sapaan akrab H. Slamet Junaidi, terkait pengelolaan retribusi dipastikan akan dikelola oleh daerah, kedepan, pemerintah kabupaten Sampang akan memikirkan kembali pengembangan pelabuhan Taddan.

“Sementara fokus pada pembangunan pelengsengan dan penambahan kapal, sehingga yang mulanya berlayar satu minggu satu kali bisa dilakukan satu minggu dua kali,” tegasnya. (RIF/AJ)