Hari Kedua Gelar Operasi Patuh Semeru, Polres Sampang Tilang 105 Pengendara

0
145
Operasi Patuh Semeru 2019 Sampang
Giat penindakan operasi patuh semeru 2019 di jembatan timbang wilayah Kecamatan Torjun. (Foto: Satlantas For MI)

maduraindepth.com – Hari kedua menggelar Operasi Patuh Semeru 2019, jajaran Polres Sampang menilang 105 pelanggar lalu lintas (Lalin). Hal ini disampaikan oleh Kasatlantas Polres Sampang AKP Anita Kurdi kepada maduraindepth.com, Jumat (30/8/2019).

AKP Anita menuturkan, hari kedua giat penindakan operasi patuh semeru 2019 dilakukan di dua lokasi berbeda. Yaitu di dalam kota di perempatan Jl. Rajawali dan di luar kota di jembatan timbang wilayah Kecamatan Torjun.

Dua lokasi tersebut, kata Anita, memang disinyalir banyak pelanggaran oleh pengendara baik roda dua (R2) atau roda empat (R4). Dari hasil penindakannya, jenis pelanggaran yang dilanggar pengguna jalan bermacam-macam.

Untuk R2 pengendara tidak nemakai helm SNI, pengendara di bawah umur. Sedangkan R4 jenis pelanggarannya berupa pengemudi tidak pakai sabuk pengaman. Kemudian Truk dan pick up banyak melanggar rambu lalin.

“Dua lokasi tersebut memang dipilih karena disinyalir banyak pelanggaran yang merupakan target operasi,” tandas Anita.

Sementara rincian dari 105 pelanggar yang sudah ditilang polisi yaitu 49 orang tidak mengenakan helm, 14 tidak mengenakan safety belt atau sabuk pengaman, 13 surat-surat tidak lengkap. Kemudian tidak melengkapi perlengkapan kendaraan 8 orang, melanggar rambu atau marka jalan 10, menggunakan HP 2, bonceng 2 sebanyak 2 pelanggar dan tidak mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM) 7 orang.

AKP Anita Kurdi menghimbau kepada pengendara R2 dan R4 agar melengkapi surat-surat kendaraan dan menggunakan helm SNI. Kemudian pengendara jangan lupa pasang safety belt sampai berbunyi klik.

“Taati aturan dan rambu lalu lintas, jangan melawan arus. Ingat! Kecelakaan itu berawal dari pelanggaran,” terangnya.

Untuk diketahui, operasi patuh semeru 2019 tersebut dipimpin oleh KBO Satlantas Polres Sampang Iptu Budi Nugroho, KRi Iptu A. Rokhan dan Kanit Patroli Ipda Siswanto. (MH/AW)