Dana Tistas Rp 12 Miliar Segera Cair

0
54
Siswa SMKN 3 Sampang saat mengikuti UNBK. (Foto: Istimewa)

maduraindepth.com – Dana program Pendidikan Gratis Berkualitas (Tistas) untuk SMA/SMK negeri dan swasta di Kabupaten Sampang segera cair. Total dananya diperkirakan sebesar Rp 12 miliar.

Kepala Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Provinsi di Sampang Asy’ari mengatakan, proposal sudah masuk ke Jawa Timur. Data penerima program Tistas sudah valid. Sampang kata dia penyetor data pertama dibanding tiga kabupaten di Madura.

“100 persen sudah clear. Tinggal menunggu pencairan dananya saja. Insya Alloh dalam waktu dekat sudah cair,” ujarnya, Senin (9/9/2019).

Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BPOPP) sebesar Rp 12 milyar kata Asy’ari rinciannya adalah 4 miliar untuk SMA/SMK negeri dan 8 miliar untuk SMA/SMK swasta.

Asy’ari menambahkan, dana program Tistas tersebut untuk memenuhi keperluan murid SMA/SMK mulai Juli sampai Desember 2019. Untuk murid SMA akan mendapatkan Rp 60 ribu per bulan. Sedangkan murid SMK jurusan manajemen mendapat Rp 90 ribu dan jurusan teknik sebesar Rp 120 ribu per bulan.

Jumlah dana Tistas yang diterima sekolah lanjut dia sesuai dengan jumlah murid. “Dananya langsung masuk ke rekening sekolah. Dana dikelola sesuai dengan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS),” pungkasnya. (AW)