Bupati Pamekasan Minta APIP Intensifkan Pengawasan

pengawasan APIP
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam memberikan pemaparan pada rakor pengawasan APIP di Pendopo Pamekasan, Rabu (3/2). (Istimewa)

maduraindepth.com – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam memberikan arahan pada rapat koordinasi (rakor) pengawasan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP). Rapat tersebut berlangsung di Mandhapa Aghung Ronggosukowati Pamekasan, Rabu (3/2).

Orang nomor satu di Bumi Gerbang Salam itu menyampaikan, pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah yang dilaksanakan oleh APIP harus berdasarkan kompetensi yang dimiliki.


“Terutama yang menjadi kewenangan daerah sesuai fungsi dan kewenangannya, serta sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Badrut.

Mantan aktivis PMII itu menjelaskan, pengawasan harus dilaksanakan secara maksimal berdasarkan prinsip profesional independen, objektif, akuntabel, dan tidak tumpang tindih antar APIP. Juga, berorientasi pada perbaikan dan peringatan dini.

“Saya juga meminta agar APIP melakukan pendampingan di OPD mulai perencanaan. Sehingga kesalahan dalam pelaksanaan dapat diminimalisir,” tambahnya.

Selain itu, kata Baddrut, pihaknya meminta kepada APIP untuk memperbaiki sumberdaya manusia (SDM). Tunjuannya untuk memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan.

“Semoga ke depan Pamekasan akan lebih baik lagi,” harap Baddrut. (RUK/BAD)