Antisipasi Dampak Fenomena El Nino, Pemkab Sampang Gelar Bazar Pangan Murah

fenomena el nino bazar pangan murah pemkab sampang
Sekdakab Sampang memantau bazar pangan murah. (Foto : Prokopim Pemkab for MID)

maduraindepth.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang menggelar bazar gerakan pangan murah di Alun-Alun Trunojoyo, Rabu (23/8). Pantauan di lapangan, tampak pengunjung yang mayoritas emak-emak langsung menyerbu lokasi bazar, karena harga sembako dan produk UMKM dibandrol di bawah harga pasar.

Kegiatan bazar pangan murah tersebut merupakan kerjasama Dinas Pertanian dan KP Sampang dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas), Bulog, ID Food, PT Wilmar, PT Prima Fresh Market, dan Gapoktan. Termasuk, UMKM Diskopindag, Dinas Perikanan, Poklahsar dan Dharma Wanita.

Kepala Dinas Pertanian dan KP Sampang, Suyono mengatakan, gerakan pangan murah ini dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke 78 Indonesia. Tujuannya, membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan.

Ditambah, kata dia, fenomena El Nino yang menghampiri Indonesia tahun ini berpotensi menurunkan produksi padi. Sehingga dapat mengganggu stabilitas harga pangan.

“Pangan yang disediakan dalam bazar ini, seperti gula, beras, minyak goreng, tepung, olahan perikanan, telur, tomat, bawang merah dan putih, cabe, semangka dan hasil para petani lokal,” ungkapnya.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sampang, Yuliadi Setiyawan mengapresiasi digelarnya bazar tersebut dari hasil kolaborasi banyak pihak. Dia menyebut, fenomena El Nino kali ini diperkirakan akan menimbulkan dampak cukup serius, terutama di sektor pertanian.

Sebab itu, Pemkab Sampang melakukan gerakan pangan murah untuk menstabilkan harga pangan. “Ini wujud kehadiran pemerintah daerah memberikan kemudahan aksesibilitas pangan bagi masyarakat. Jadi, ke depan tidak hanya digelar di wilayah perkotaan saja, tapi juga menyasar ke wilayah pelosok di berbagai Kecamatan,” pungkasnya. (Alim/*)

Baca juga:  Senyum Desa Indonesia Datangkan Volunteer dari Dalam Negeri dan Lima Perwakilan Asing

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya DI SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *