49 Grup Ramaikan Festival Drumband Pelajar se Kabupaten Sumenep

festival drumband pelajar sumenep
Salah satu grup drumband saat mengikuti Festival Drumband Pelajar 2023 se Kabupaten Sumenep. (Foto: Ridho M Subastian/MID)

maduraindepth.com – Rangkaian Kalender Wisata, sebanyak 48 grup drumband pelajar, mulai tingkat TK, SD dan SMP sederajat menyemarakkan Festival Drumband Pelajar Kabupaten Sumenep 2023. Rinciannya, 14 grup TK, SD sebanyak 26 grup dan SMP 9 grup.

Festival itu digelar Pemkab Sumenep melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep. Pagelaran itu dibuka Wakil Bupati Sumenep Hj Dewi Khalifah di Depan Rumah Dinas Bupati, Ahad (26/2).

Dalam sambutannya, dia berharap pelaksanaan Festival Drumband Pelajar tahun depan lebih banyak lagi. “Karena kegiatannya diprogramkan setiap tahun untuk memberikan ruang inovasi dan kreasi bagi pelajar, dalam mengembangkan bakat di dunia seni musik,” ujarnya.

Diharapkan, melalui festival ini melahirkan grup drumband pelajar berprestasi yang menjuarai kejuaraan lainnnya, khususnya di luar daerah. Sehingga para peserta mampu meningkatkan kemampuannya.

“Kegiatan ini memupuk motivasi dan semangat berlatih dalam rangka mengembangkan kreativitas para peserta supaya menjadi kelompok drumband yang profesional,” terang perempuan yang akrab disapa Nyai Eva itu.

festival drumband pelajar sumenep
Wakil Bupati Sumenep Hj Dewi Khalifah foto bersama saat santunan anak yatim pada Festival Drumband Pelajar 2023. (Foto: Ridho M Subastian/MID)

Sementara itu, Sekretaris Disdik Sumenep Sunaryanto mengatakan, festival ini bertujuan untuk memberikan wadah kepada peserta didik di Kota Keris. Utamanya dalam mengeksplorasi kemampuan masing-masing di bidang drumband.

“Untuk TK dan SMP akan dipilih juara 1, 2, dan 3. Sedangkan SD juara 1, 2, 3, dan harapan 1, 2, 3. Karena peserta dari SD lebih banyak,” terangnya.

Baca juga:  Pendirian RSIA Puri Bunda Pamekasan Diduga Salahi Permenkes 3/2020, Dear Jatim Demo DPRD

Diterangkan, pihaknya juga bekerjasama dengan Persatuan Drumbad Indonesia (PDBI) Sumenep sebagai organisasi yang membawahi drumband di Kota Keris. Selanjutnya, dari festival ini para juara akan menjadi rekomendasi jika nantinya ada kompetisi tingkat provinsi mewakili Kabupaten Sumenep.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan festival drumband pelajar 2023,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, berdasarkan penilaian dewan juri untuk TK peringkat 1 adalah TK Kumara Jaya, peringkat 2 TK Kemala Bhayangkari 81 dan peringkat 3 TK Sartika serta drum major atau majorette terbaik TK Idaman Al-Munawarah. Sedangkan Filed Commander TK Kemala Bhayangkari 81.

SD sederajat sebagai peringkat 1 yakni SDN Pandian I, peringkat 2 SDN Saronggi I, peringkat 3 SDB Talango I. Sementara harapan 1 SDN Rubaru I, harapan 2 SDN Kalimook I dan harapan 3 SDN Bangkal II. Sedangkan Majorette terbaik SDN Saronggi I dan Gitapati terbaik SDN Pandian I.

SMP sederajat untuk peringkat I SMPN I Batang-batang, peringkat 2 SMPN I Dungkek dan peringkat 3 SMPN 4 Sumenep, serta Majorette terbaik SMPN 4 Sumenep dan Gitapati terbaik SMP Islam An-Nuraniyah. (*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *