Tiap Tahun, Warga Desa Pabian Gelar Upacara HUT RI di Sungai Marengan

Sejumlah warga beserta aparat Desa Pabian menggelar upacara peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan RI di Sungai Marengan, Desa Pabian, Kecamatan/Kabupaten Sumenep, Rabu (17/8). (Foto: maduraindepth.com)

maduraindepth.com – Sudah menjadi kegiatan rutin tahunan, masyarakat RT 4 RW 2 Desa Pabian, Kecamatan/Kabupaten Sumenep menggelar upacara peringatan kemerdekaan di Sungai Marengan. Seperti pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang dilaksanakan Rabu, 17 Agustus 2022.

Seluruh peserta upacara menceburkan diri ke sungai. Meski basah-basahan, pelaksanaan upacara mulai dari pengibaran bendera sang saka merah putih, pembacaan teks proklamasi, hingga pembacaan doa dilakukan di sungai tersebut.

banner 728x728

Tak hanya warga yang tinggal di pinggiran sungai, aparat Pemerintah Desa (Pemdes) Pabian juga ikut terlibat sebagai petugas upacara. Selain itu, beberapa siswa juga turut serta menjadi peserta upacara.

Kepala Desa Pabian Zulfikar Ali Mustakim mengatakan, upacara di sungai ini sudah menjadi tradisi warga Pabian setiap memperingati HUT Kemerdekaan RI. Tepatnya telah dilakukan sejak 2018 lalu.

“Ini bentuk syukur kami terhadap kemerdekaan Indonesia. Juga salah satu wujud warga desa kami menghormati seluruh perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan RI,” ujarnya usai menjadi inspektur upacara.

Zulfikar menyebut, warga yang tinggal di bantaran Kali Marengan ini ingin melestarikan tradisi upacara di sungai. Sekaligus sebagai bentuk ajakan kepada seluruh warga agar selalu menjaga kebersihan sungai. Mengingat, sebelumnya sungai banyak dijadikan tempat untuk membuang sampah.

“Kami berharap warga tidak lagi membuang sampah sembarangan. Sehingga Kali Marengan tetap bersih,” tutup Zulfikar. (*)

banner 728x728

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Kirim Info