Tagana Kabupaten Sampang Gelar Pelatihan Sigap Tanggap Bencana

0
71
Tagana Kabupaten Sampang
Suasana pelatihan dan sosialisasi sigap tanggap bencana. (Foto: RIF/MI)

maduraindepth.com – Mengingat pentingnya penanggulangan bencana, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar pelatihan dan sosialisasi sigap tanggap bencana generasi prestasi. Acara yang dimotori oleh Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat tersebut, dilaksanakan di aula kantor Dinas Sosial Kabupaten Sampang, Ahad, (25/1/2020) dan diikuti oleh generasi prestasi Madura.

Dalam pembukaan acara, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sampang selaku pembina Tagana Sampang, Moh. Amiruddin  menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Mengingat, bencana alam saat ini sering terjadi.

“Dari sini kita akan berbagi ilmu, apa itu tanggap darurat dan bagaimana penanganannya dalam tanggap bencana,” tuturnya.

Di sini, lanjut dia, kami sudah ada beberapa pemateri, yang akan memberikan ilmu tentang penanggulangan bencana. Diantaranya dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, dan dari Tagana sendiri.

“Semoga acara ini bermanfaat dan bisa diaplikasikan di luar, selain itu bisa diinformasikan kepada teman maupun kepada keluarga, tentang langkah apa yang harus kita ambil saat terjadi bencana,” harapnya.

Di tempat yang sama, Koordinator Genpres Madura, H. Moh. Imron menuturkan, pihaknya akan melakukan kegiatan-kegiatan bagi generasi prestasi yang ada di Madura. “Genpres Madura akan dikembangkan juga untuk gerakan pendidikan, lansia, dan para penghafal Al-Quran, selain itu ada beasiswa yang hafal Al-Quran 5 juz,” ungkapnya.

Masih menurut Imron, Hal ini bertujuan agar generasi prestasi madura memiliki ibadah yang baik. Tak hanya itu, pihaknya juga bergerak di bidang kesehatan. “Saat ini sudah memiliki 25 klinik kesehatan,” pungkasnya. (RIF/MH)