banner auto
banner auto

Sumur Oleh di Desa Brekas Sampang Dipercaya Bisa Jadi Alternatif Penyembuhan Penyakit Ini

Sumur Oleh Brekas Sampang
Warga berada di salah satu titik Sumur Oleh di Desa Brekas, Kecamatan Torjun, Sampang, Senin (12/12). (Foto: MID25)

maduraindepth.com – Terdapat sumur di Desa Brekas, Kecamatan Torjun, Sampang yang bisa dibilang tidak biasa. Sumur Oleh namanya. Bentuknya secara umum, sama. Bedanya, beberapa warga meyakini sumur itu dapat menyembuhkan penyakit lemas, atau masyarakat setempat menyebutnya sebagai penyakit oleh.

Berdasarkan penuturan Fauzan, penduduk setempat mengatakan, di desa ini ada tujuh sumur yang diyakini bisa menyembuhkan penyakit oleh. Khususnya penyakit oleh yang diderita anak-anak.

banner auto

“Banyak yang sudah pergi ke sini untuk mengambil air sumur tersebut. Sumur itu sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu,” jelasnya, Senin (12/12).

“Sejak saya masih SD sumur itu sudah ada, sekitar tahun dua ribuan. Sumur itu dibuat oleh penduduk setempat,” tambahnya.

Fauzan menyebut, lokasi Sumur Oleh mudah dijangkau. Sekitar 200 meter dari kantor Kecamatan Torjun. “Orang yang ingin mengambil air dari tujuh sumur tersebut aka membawa botol. Botol tersebut nantinya akan diisi air dari ke tujuh sumur tersebut sampai penuh, lalu diminumkan ke anak sakit tersebut,” paparnya.

Sementara itu, Ismail, salah satu warga yang mengambil air dari Sumur Oleh tersebut mengaku sudah pernah mencoba meminumkan air dari tujuh sumur itu. “Karena orang setempat meyakini air tersebut bisa menyembuhkan anak oleh, maka saya mencobanya, dan anak saya membaik,” kata Ismail.

Baca juga:  PPDI Sampang Harap Pemerintah Segera Sahkan Perda Disabilitas

Sebagai tambahan informasi, tujuh sumur tersebut jaraknya berdekatan. Sekitar 20 meter antar titik. Pantauan maduraindepth.com di lokasi, kondisi ke tujuh sumur tersebut kurang terawat. Terlihat dari area sekitar sumur banyak ditumbuhi rumput liar. (MID25/*)

banner auto banner auto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Kirim Info