Saluran TV Analog di Bangkalan Akan Dihapus Mulai 20 Desember 2022

TV Analog
TV analog masih banyak diperjual belikan. Sebentar lagi, saluran TV analog di Bangkalan akan dihapus. (Foto: Romi/MID)

maduraindepth.com – Warga Bangkalan harus bersiap-siap. Pasalnya, mulai 20 Desember 2022 siaran TV analog akan dihapus. Kebijakan itu seperti yang telah diterapkan di kota lain, seperti Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Solo yang belum lama ini mematikan saluran TV tersebut.

Menjelaskan hal itu, Kepala bidang (Kabid) Aplikasi dan Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bangkalan, Anang Afandi menyampaikan, mulai awal Juni 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia melakukan program migrasi siaran TV analog ke TV digital. Sampai saat ini, pemerintah terus melakukan sosialisasi mengenai kebijakan tersebut.

“Agar masyarakat tidak kaget dengan penghapusan saluran TV analog tersebut, kami terus lakukan Sosialisasi,” ucapnya kepada Maduraindepth.com, Rabu (14/12).

Dia mengatakan, Bangkalan termasuk dalam 10 kabupaten/kota di wilayah Jawa Timur (Jatim) 1 yang akan hapus saluran TV analog. Daerah-daerah di wilayah Jatim 1 selain Bangkalan yang akan hapus saluran TV Analog di antaranya Kabupaten Pasuruan, Sidoarjo, dan Mojokerto.

Kemudian Kabupaten Jombang, Lamongan, Gresik, Pasuruaan, Mojokerto, dan Kota Surabaya. Dalam program penghapusan saluran TV Analog, lanjut dia, warga miskin berhak mendapatkan perangkat set top box (STB) secara gratis.

Dalam pendistribusiannya, selaku pemenang tender JNT dan NCT Cargo akan mendistribusikan STB kepada masyarakat kurang mampu di Bangkalan. Jumlah STB yang akan diberikan secara gratis sebanyak 51 ribu unit.

Baca juga:  12 Desa di Sreseh Belajar Pengelolaan BUMDes ke Banyuwangi

“Sebelum tanggal 20 Desember 2022 harusnya STB sudah tersalurkan, Diskominfo Bangkalan hanya mewadahi, yang menjalani penyaluran tersebut ya pemenang tender,” pungkasnya. (RM/*)

Dapatkan Informasi Terkini Di Sini

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *