Rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2024 Dibuka

KPU Sumenep
Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil. (Foto: MID)

maduraindepth.com – Pendaftaran Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilu 2024 dibuka mulai hari ini, Kamis (26/1). Rekrutmen tersebut dilaksanakan oleh masing-masing panitia pemungutan suara (PPS).

Komisioner KPU Kabupaten Sumenep Rafiqi Tanzil mengatakan, jumlah petugas pemutakhiran data pemilih disesuaikan dengan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tiap-tiap desa/kelurahan. Untuk sementara, jumlah TPS di Kota Keris sebanyak 4.258.

banner auto

“Tapi itu bisa jadi ada perubahan  berkurang atau bertambah, karena masih rapat koordinasi di Jawa Timur guna menyinkronkan seluruh data TPS se Jatim,” ujar Rafiqi.

Dia menjelaskan, sesuai ketentuan pengumuman dimulai 26-28 Januari 2023. Kemudian penerimaan pendaftaran calon Pantarlih mulai 26-31 Januari 2023. “Penelitian administrasi mulai 27 Januari sampai 2 Februari 2023. Dan pengumuman hasil seleksi pada 3-5 Februari 2023,” paparnya.

Rafiqi memaparkan, dalam rekrutmen Pantarlih ini tidak ada tes tulis maupun wawancara. Hanya memastikan dokumen persyaratan terkait.

Syarat untuk menjadi Pantarlih, lanjut dia, yakni bukan anggota partai politik. Kemudian menyertakan surat keterangan sehat dari Puskesmas, fotocopy KTP dan ijazah serta jenjang pendidikan minimal SMA.

“Apabila di suatu desa pendidikannya tidak ada yang mencapai ambang minimal, maka diperbolehkan cukup bisa baca, menulis dan berhitung yang disertai surat pernyataan diri,” pungkasnya. (*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto