banner auto

Puluhan Pelajar Lukis Mural di Kampung Pancasila

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2022

Lomba Mural Kampung Pancasila Kebunagung
Sejumlah peserta saat mengikuti lomba lukis mural di Kampung Pancasila, Desa Kebunagung, Kecamatan/Kabupaten Sumenep, Ahad (2/10). (Foto: Ridho M Subastian/MI)

maduraindepth.com – Kodim 0827/Sumenep melalui Koramil 0827/01 Kota bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Kabunagung menggelar lomba lukis mural bertajuk Bersatu Membangun Sumenep, Ahad (2/10). Kegiatan yang digelar dalam rangka Peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu berlangsung di Kampung Pancasila, Desa Kebunagung, Sumenep.

Dandim 0827/Sumenep, Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi melalui Danramil 0827/01 Kota, Kapten Inf Nanang Fadhori mengatakan, lomba mural diikuti puluhan pelajar jenjang SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Selain memperingati Hari Kesaktian Pancasila, lomba ini juga merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan pencanangan Kampung Pancasila di Desa Kebunagung.

“Even ini untuk bersama-sama memaknai Pancasila sebagai dasar kehidupan berbangsa dan negara,” ujarnya.

Dia menyebut, untuk menamankan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda saat ini perlu menggunakan metode kreatif. Salah satunya melalui lomba lukis mural.

“Lomba ini tidak hanya berbicara tentang menggambar di tembok. Namun lebih bermakna aktualisasi nilai-nilai Pancasila,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kebunagung, Bustanul Affa menuturkan, fungsi dan tujuan dibentuknya kampung Pancasila yakni memasyarakatkan kembali Pancasila dalam tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Agar nilai-nilai luhur tersebut tidak luntur dalam kehidupan masyarakat.

“Melalui lomba mural ini, untuk menggali kembali semangat menghormati keberagaman suku, agama, ras, dan bahasa, dalam bingkai persatuan dan kesatuan,” pungkasnya.

Baca juga:  Insiden Pasar Tanah Merah, 180 Kios Terbakar, Polisi: Kerugaian Rp 3 Miliar
Lomba Mural Kampung Pancasila Kebunagung
Foto bersama pemenang lomba lukis mural di Kampung Pancasila, Desa Kebunagung, Kecamatan/Kabupaten Sumenep, Ahad (2/10). (Foto: Ridho M Subastian/MI)

Berikut daftar pemenang lomba lukis Mural di Desa Kebunagung, Sumenep;

Juara 1: MTsN 2 Sumenep

Juara 2: SMAN 1 Sumenep

Juara 3: SMAN 1 Sumenep

Juara Harapan 1: SMA YAS’A Sumenep

Juara Harapan 2: SMAN 1 Sumenep

Juara Harapan 3: MTsN 1 Sampang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto