Peringati HAB ke-74, Kepala Kanwil Jatim Beri Pembinaan ASN Kemenag Sampang

0
131
Peringati HAB
POSE: Kepala Kemenag Sampang H. Pardi melakukan foto bersama dengan Kepala Kanwil Kemenag Jatim dan pengurus BKMT, Jum'at malam, 3 Januari 2020. (Foto: RIF/MI)

maduraindepth.com – Dalam Rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang menggelar pembinaan ASN di lingkungan Kemenag setempat. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kantor Kemenag Sampang ini berlangsung meriah dan lancar, Jum’at (3/1/2020) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jawa Timur Drs. H. Amin Mahfudz, M. Pdi,. Dalam kesempatan ini, dia hadir memberikan pembinaan terhadap ASN Kemenag Sampang.

Diungkapkan Mahfudz, kehadirannya ke Kantor Kemenag Sampang untuk ikut serta memeriahkan hari amal bakti Kemenag Sampang ke 74. “Alhamdulillah kemenag Sampang yang dinahkodai oleh H. Pardi selama ini banyak meraih prestasi, sehingga tidak salah kami (Kemenag Jatim; red) menempatkan beliau di kabupaten sampang,” tuturnya di hadapan 500 undangan yang hadir.

Dijelaskan Mahfudz, panggilan akrab Kepala Kanwil Kemenag Jatim, pegawai di lingkungan Kemenag Sampang memiliki tugas bukan hanya di kantor dan madrasah saja. Akan tetapi memiliki jam kerja selama 24 jam, karena mengajarkan segala bentuk keagamaan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang harus dimulai dari diri sendiri.

Kepala Kanwil Kemenag Jatim memberikan santunan kepada sejumlah anak yatim di Kabupaten Sampang. (Foto: RIF/MI)

“Mari kita bekerja dengan selurus-lurusnya dan sebaiknya-baiknya, kita harus bisa menjadi roll model dalam kehidupan masyarakat, orientasi dan mindset harus ditata mulai sejak dini, bukan untuk materi dan jabatan akan tetapi untuk memberikan sebuah pengabdian,” ucapnya, tegas.

Dengan kerja tanpa pamrih, lanjut Mahfudz, kita harus meyakini bahwa kita bisa berdiri dengan tugas dalam merukunkan umat. Bukan hanya umat Islam, namun juga umat lain harus kita persatukan

Selain itu, kata dia, pemahaman kita tentang Islam bukan seperti pemahaman kelompok kanan dan kiri. Tapi pemahaman Islam Rahmatan lil ‘Alamin, supaya kita bisa mencegah kelompok-kelompok ekstrimis dan harus selesai dengan faham kebangsaan.

“Kita harus bersama-sama meminimalisir keyakinan-keyakinan yang keluar dari mainstream ini, dengan NKRI harga mati, demi Indonesia maju yang dimulai dari pendidikan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Sampang, H. Pardi mengatakan, acara resepsi HAB Kemenag merupakan acara puncak dari berbagai rentetan acara yang telah digelar. Dalam kegiatan ini, juga diisi santunan anak yatim dan lomba nasi tumpeng dari ASN Kemenag Sampang.

“Tujuannya adalah bahwa seluruh ASN maupun non ASN bisa bersatu padu, rukun, untuk dapat berfikir membawa Sampang lebih baik,” katanya.

Sekedar diketahui, acara Hab Kemenag selain dilakukan pembinaan juga dilakukan pelantikan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Sampang. (RIF/MH)