Pelajar NU di Sampang Dilatih Analisa Media

Pelajar Sampang Dilatih Analisis Media
Agus Wedi, Direktur maduraindepth.com saat memaparkan materi anailis media dan korporasi dalam acara LAKMUD IPNU-IPPNU Sampang, di PP. Bustanus Subban, Ketapang, Ahad (8/11). (FOTO: Dok. MI)

maduraindepth.com – Perkembangan teknologi informasi mendapat perhatian serius dari Pengurus Cabang Ikatan Pelajar dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Sampang. Ini terlihat pada gelaran Latihan Kader Muda (LAKMUD) IPNU-IPPNU di Pondok Pesantren Bustanus Subban, Pale Laok, Ketapang, Sampang, Ahad (8/11).

Ketua IPNU Sampang Moh Farisi menjelaskan, pihaknya memasukkan materi tentang analisis media dan korporasi dalam acara LAKMUD IPNU-IPPNU untuk menambah pengetahuan soal media informasi kepada kader NU.


“Tujuannya agar peserta yang notabene kader NU bisa memilih dan memilah informasi yang akurat dari media massa maupun media sosial,” jelasnya.

Sementara dalam paparannya, Direktur maduraindepth.com Agus Wedi menyampaikan, peran media arus utama maupun media sosial saat ini sangat besar pengaruhnya terhadap tatanan kehidupan masyarakat. Berita di sebuah media massa, ucap dia, dapat merubah opini publik.

“Karenanya, dibutuhkan pengetahuan untuk menganalisa sebuah informasi atau berita,” ujarnya.

Untuk menganalisa berita atau konten sebuah media, jelas Agus, dibutuhkan empat metode. Yakni, analisis konten, analisis wacana, analisis semiotik dan analisis framing.

“Dengan memahami metode-metode tersebut kita akan mampu mengetahui mana berita atau konten yang kredibel dan bukan. Intinya, setiap menerima informasi dari media, kita harus saring sebelum sharing,” pungkasnya.

LAKMUD IPNU-IPPNU ini diikuti oleh puluhan peserta dari PAC IPNU-IPPNU se Kabupaten Sampang. Pemateri berasal dari pengurus PWNU Jatim, PCNU, akademisi dan tokoh. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, dimulai sejak hari Jum’at (6/11) yang lalu. (*/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here