Optimalkan Pelayanan, Kecamatan Omben Luncurkan Inovasi “LADEPAK”

Inovasi Ladepak Kecamatan Omben Sampang
Petugas saat memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat di Kantor Kecamatan Omben, Sampang, Rabu (12/10). (Foto: Kecamatan Omben for MI)

maduraindepth.com – Pemerintah Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, meluncurkan program Layanan Desa Pengurusan Administrasi Kependudukan (LADEPAK). Program itu sebagai tindak lanjut arahan Bupati Sampang Slamet Junaidi agar setiap organisasi perangkat daerah (OPD) berinovasi untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Bekerjasama dengan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sampang, program LADEPAK dimulai pertama kali dari Desa Napo Daya. Kemudian ke Desa Meteng, Kecamatan Omben, Sampang.

Plt Kepala Dispendukcapil Sampang, Nor Alam mengatakan, program LADEPAK di Kecamatan Omben ini berkolaborasi dengan program inovasi Dispendukcapil, yakni Rela Berkorban. Menurut dia, inovasi Rela Berkorban ini merupakan program jemput bola pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk), sesuai permintaan kepala desa atau kecamatan di wilayah Kabupaten Sampang.

“Proses pembuatan adminduk tanpa biaya atau gratis. Kami berikan secepat mungkin, efisien waktu dan tenaga, program ini telah berlangsung tiga tahun terakhir,” ujarnya.

Peningkatan pelayanan itu, kata Nor Alam, sesuai amanat Undang-Undang (UU) nomor 24/2013 tentang perubahan atas UU nomor 23/2006 tentang administrasi kependudukan. Dalam peraturan itu menyatakan setiap penduduk mempunyai hak untuk memperoleh dokumen kependudukan.

“Kami berkomitmen memberikan pelayanan publik yang profesional,” terangnya.

Sementara itu, Camat Omben, Didik Adi Pribadi melalui Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Umum, Nurul Agus Efendi menjelaskan, jika program ini merupakan upaya inovasi pelayanan untuk masyarakat. “Inovasi ini kami buat untuk kenyamanan masyarakat agar mudah memiliki adminduk,” katanya.

Baca juga:  Dispendukcapil Sampang Launching Mesin ADM, Ini Manfaatnya

Dia mengaku, adanya inovasi program LADEPAK ini juga bermanfaat untuk merapikan lagi data kependudukan warga dan perangkat desa yang ada. Sehingga pada adminduk tercatat secara lengkap dan benar.

Didik mengungkapkan, program tersebut sebagai upaya pencapaian pemerintah desa, kecamatan dan Kabupaten Sampang untuk menuntaskan hak warganya memiliki adminduk. “Dengan adanya program ini, pembuatan semua adminduk bisa terselesaikan dengan cepat dan efisien, baik tenaga, transportasi hingga biaya yang tentunya gratis,” pungkasnya. (Alim/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *