Minta Lestarikan Karapan Sapi, Ini Kata Bupati Sumenep

0
188
Kerapan Sapi Madura
Sapi kerap yang dilengkapi dengan kaleles sedang dipacu oleh pejoki. (Foto: MR/MI)

maduraindeprh.com – Pemkab Sumenep menggelar Karapan sapi untuk memperebutkan piala Presiden RI di Madura. Kerapan sapi ini digelar hari ini, Ahad (15/9/2019) di lapangan Giling.

Bupati Sumenep Busyro Karim dan sejumlah pejabat teras tampak hadir menyaksikan kerapan sapi.

Bupati Sumenep Busyro Karim, melalui Sekda Edy Rasiyadi menyampaikan, kerapan sapi di Madura harus dilestarikan. Karena merupakan bagian dari kekayaan kultur budaya yang dimiliki Madura.

“Eksistensi kerapan sapi harus kita kembangkan selalu. Ini adalah wujud perhatian dan komitmen Pemerintah Daerah dalam melestarikan kerapan sapi,” terangnya.

Dikatakan Sekda, yang diikutkan dalam kerapan tersebut harus sapi lokal Sumenep. Tujuannya, untuk memperkuat kultur masyarakat Madura.

“Saya menyampaikan terimakasih telah mensukseskan acara ini, yang nantinya akan mewakili Kabupaten Sumenep di Piala Presiden di Kabupaten Bangkalan. Semoga terus berkomitmen dalam melestarikan budaya untuk terus memperjuangkan kerapan sapi ke generasi muda dan masyarakat Sumenep,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Kadisparbudpora) Carto menjelaskan, kerapan kali ini diikuti oleh 36 pasang sapi. Dimana pemenangnya akan diberi hadiah kejuaraan. (MR/MH)