Malam Tahun Baru 2021, Pemdes Mandangin Akan Tindak Tegas Kenakalan Remaja

Malam Tahun baru
Dermaga Pulau Mandangin. (FOTO: AW/MI)

maduraindepth.com – Kepala Desa (Kades) Mandangin Saiful Anam mengimbau warganya agar tidak melakukan kegiatan yang melanggar protokol kesehatan (Prokes) pada malam tahun baru 2021. Pemerintah desa (Pemdes) juga akan menindak tegas jika ada kenakalan remaja di pulau kecil di Kabupaten Sampang tersebut.

“Himbauan ini kami lakukan untuk tidak berkerumunan, sesuai perintah Kapolri sebagai upaya mencegah penularan virus corona,” ucap Saiful pada maduraindepth.com, Kamis (31/12).


Saiful menegaskan, pada malam pergantian tahun Pemdes melakukan pengamanan di tiap-tiap sudut jalan. Ini merupakan antisipasi adanya kerumunan dan muda-mudi di desanya yang melakukan trek-tekan motor di tengah malam.

“Kami lakukan penjagaan ketat di malam pergantian tahun, masyarakat yang trek-trekan, bahkan meminum-minuman keras kami tindak tegas sesuai aturan yang ada,” tegasnya.

Orang nomor satu di Desa Pulau Mandangin itu berharap masyarakat agar tetap tenang, tidak terprovokasi oleh kepentingan-kepentingan lain untuk melanggar himbaun yang ada. Ia meminta masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan, seperti tidak melakukan acara kerumunan.

“Meskipun sebatas hiburan meyambut tahun baru demi kenyamanan bersama, masyaratkat tetap diharapkan untuk tidak melakukan kegiatan yeng merugikan diri sendiri dan orang lain,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Forum Kader Pemuda Anti Narkoba (FKPAN) Sampang Lukman Hakim meminta para pemangku kebijakan di Desa Pulau Mandangin benar-benar memperketat penjagaan di setiap titik. Tak hanya di jalan, tempat-tempat sepi yang dijadikan tongkrongan pemuda desa juga harus dipantau.

Baca juga:  HCML Bantu Mengatasi Masalah Stunting di Pulau Mandangin

Langkah itu, kata Lukman, juga sebagai langkah preventif agar pemuda desa di Pulau Mandangin terhindar dari penyalahgunaan narkoba pada malam pergantian malam tahun baru. “Pengawasan ketat harus dilakukan, karena momentum pastinya sebagian ada yang memakai narkoba,” ungkapnya.

Menurutnya, dari piihak kepolisian tidak hanya fokus menjaga laju lalu lintas, tetapi juga melakukan ronda untuk menyisir tempat-tempat tongkrongan pemuda.

“Khususnya pihak keamanan di Pulau Mandangin supaya lebih dimaksimalkan penjagaan untuk mencegah dari peredaran dan penggunaan barang terlarang,” tutupnya (mi-4/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here