Launching Aplikasi Rumah Desa Hebat, Istri Bupati Sampang: Saya Salut

0
149
Aplikasi Rumah Desa Hebat
SOLID: Hj. Mimin Slamet Junaidi foto bersama pemuda desa hebat. (Foto: RIF/MI)

maduraindepth.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang resmi melaunching Aplikasi Rumah Desa Hebat. Kegiatan dengan tema inspiring talking “Pemuda Desa Bisa Apa” ini dilaksanakan di Pendopo Trunojoyo Bupati Sampang, Sabtu (28/12/2019).

Mewakili Bupati Sampang, Hj. Mimin Slamet Junaidi menyampaikan, rumah desa hebat merupakan bentuk partisipasi masyarakat untuk terlibat aktif dalam upaya mengembangkan potensi dan sumber daya manusia (SDM) masyarakat di pedesaan.

Saat ini, lanjut istri Bupati Sampang itu, rumah desa hebat sudah berusia satu tahun. Dijelaskan, melalui berbagai program Pendidikan dan Pemberdayaan Pemuda Desa agar menjadi kreatif, produktif, inovatif dan mandiri.

Menurutnya, pendidikan bagi masyarakat adalah mutlak dan wajib, bukan hanya untuk masyarakat perkotaan tetapi juga bagi masyarakat pedesaan. Dikatakan, pendidikan tidak hanya sebuah kebutuhan primer bagi kalangan yang berekonomi menengah ke atas, tetapi juga merupakan amanah konstitusi. Bahwa Negara ini berdiri untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Oleh karena itu, semua Rakyat Indonesia wajib mendapatkan pendidikan yang layak,” tegasnya.

Demikian halnya dengan Anak-Anak di kawasan pedesaan, ketua Penggerak PKK Sampang itu sangat mengapresiasi keberadaan Lembaga Rumah Desa Hebat yang dimotori oleh anak-anak muda. “Saya salut atas kepedulian mereka terhadap kehidupan sosial di desa,” ujarnya.

Tidak hanya peduli tetapi juga menerapkannya ke dalam aksi nyata melalui program kursus gratis Bahasa Inggris dan Gerakan Anak Desa membaca 1 jam tanpa gawai atau gadget.

Kini, lanjut Hj.Mimin menambahkan, program-program inovatif tersebut diikuti dengan Launching Aplikasi Rumah Desa Hebat yang memudahkan anak-anak desa mengakses informasi di dunia maya sekaligus menumbuhkan tingkat literasi anak dan pemuda. “Inilah wujud betapa anak-anak muda kita khususnya yang tergabung dalam Rumah Desa Hebat memiliki pandangan visioner dan inovatif. Aksi ini tentu harus kita dukung dan difasilitasi,” tandasnya.

Hj. Mimin berpesan, kedepan keberadaan Rumah Desa Hebat ini akan terus didukung bersama seluruh stakeholder, dengan cara memberikan atensi terhadap kemajuan lembaga ini. “Tetap jalin komunikasi dan sinergi dengan Pemkab Sampang dan pihak terkait. Sekali lagi Selamat MILAD Ke-1 kepada Rumah Desa Hebat, semoga semua pengabdian kita bagi masyarakat diridhoi Allah SWT,” harapnya. (RIF/MH)