Kapal Rute Selat Madura Terdampar di Pulau Mandangin

Kapal selat madura terdampar di pulau mandangin
KMP Surya Ayla terdampar di Pulau Mandangin, Ahad, 5 Juni 2022. (FOTO: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Kapal Motor Penumpang (KMP) Surya Ayla terdampar akibat terlalu mendekati karang di selat Madura. Kapal itu berlayar dari Probolinggo menuju Pulau Mandangin pada Sabtu (4/6).

Sekitar pukul 12.00 WIB, kapal itu tiba di Pulau Mandangin, Sampang, Madura, Jawa Timur. Kapal itu terdampar tepat di sebelah selatan Desa Pulau Mandangin. Saat itu, kondisi air laut sedang dangkal.


“Ini pelayaran perdana untuk uji coba, tapi ada sedikit musibah KMP Surya Ayla terdampar di karang saat hendak menuju pelabuhan Dermaga Mandangin,” ujar Petugas UPT Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Lamongan Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim Wilayah Kerja Pulau Mandangin H. Muis, Ahad (5/6).

“Untuk penumpang sendiri hanya kru kapal dan mobil saja,” sambungnya.

Hingga kini kapal itu belum bisa berlayar. Upaya evakuasi terus dilakukan. Namun, kata H. Muis, lantaran kondisi air laut yang dangkal, posisi kapal tetap tidak berubah. Sehingga upaya evakuasi dihentikan untuk sementara waktu.

Tonton Video

Saat dikonfirmasi, H. Muis menuturkan, proses evakuasi akan dilanjutkan pada tanggal 11-12 Juni mendatang ketika air laut sedang dalam kondisi batas pasang maksimal.

Baca juga:  Sepekan Terdampar, Kapal Rute Selat Madura Kembali Berlayar

“Proses evakuasi selanjutnya masih menunggu air laut lagi pasang, nantinya juga didukung alat bantu untuk menariknya,” terangnya.

Dijelaskan, untuk pelayaran rute selat Madura akan tetap berlanjut jika nanti KMP Surya Ayla sudah berhasil dievakuasi. Rutenya dari Dermaga Mandangin – Taddan – Branta, kemudian kembali ke Surabaya.

Akibat musibah itu, kata H. Muis, jadwal pemberangkatan pada Ahad, 5 Juni 2022 dari Dermaga Mandangin ditunda. “Untuk masyarakat yang berencana bepergian menggunakan KMP Surya Ayla harap bersabar, proses evakuasi terus dilakukan semoga secepatnya bisa kembali berlayar,” pungkasnya. (Alim/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here