Demi Peningkatan PAD, Parkir Stadion Sumenep Disulap Menjadi Cafe

0
55
PAD Sumenep
Suasana parkir Stadion Gor A. Yani saat berubah menjadi Cafe Semi Permanen. (Foto: MR/MI)

maduraindepth.com – Demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep rela sewakan lahan parkir di Stadion A. Yani Sumenep menjadi sebuah Cafe.

Melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) tempat parkir itu kini berubah menjadi warung tongkrongan. Bahkan diakui oleh Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga, Moh. Iksan, jika tempat parkir stadion tersebut telah diizinkan untuk dibuka sebuah Cafe.

“Pemilik cafe itu sewa tahunan. Jadi memang kami izinkan untuk pengembangan cafe itu, namun juga sebagai tempat parkir. Ini untuk menunjang PAD juga,” ungkapnya, Selasa (15/10/2019).

Dalam segi penyewaanya, Iksan menuturkan, jika dari empat petak tempat parkir yang dijadikan cafe di sewakan dengan harga Rp 8 juta dalam satu tahunnya.

“Rinciannya, satu petak tempat parkir disewakan Rp 2 juta dalam setahunnya. Sedangkan mereka menyewa setahun, jadi Rp 8 juta. Itu sudah kita terima dan telah dimasukkan ke PAD 2019 ini,” terangnya.

Lebih lanjut, keluarnya izin sewa alih fungsi tersebut, diakuinya melalui hasil campur tangan salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep. Dengan tujuan untuk pengembangan wisata olahraga.

“Kalau pemiliknya saya tidak kenal ya, karena dari Arjasa. Tapi yang saya kenal itu mas Badrul Aini, kebetulan dia yang merekomendasikan dan sudah di izinkan oleh pimpinan dengan kontribusi dari retribusi,” jelasnya.

Disinggung perihal aturan yang berlaku terkait penempatan cafe semi permanen yang ada di lahan parkir Stadion A. Yani tersebut. Pihaknya menyampaikan, jika itu tidak ada masalah.

“Kalau nanti itu masa sewanya habis, itu tetap milik negara. Jadi kita sampaikan, mereka hanya menyewa. Jika kewenangannya habis, tidak boleh digunakan hal lain karena itu bangunan negara,” pungkasnya. (MR/MH)