Cagar Budaya di Sumenep Perlu Dikelola Khusus Pemerintah

Kepala Disparbudpora Sumenep Carto memberikan keterangan seputar keberadaan cagar budaya.

maduraindepth.com – Pengelolaan dan pengembangan cagar budaya di Sumenep perlu dilestarikan secara khusus oleh pemerintah. Sebab pekan lalu Dinas Pariwisata Jatim mengingatkan pemerintah setempat agar mewawat cagar budaya secara berkelanjutan.

Hal tersebut sebagaimana disamapaikan pengamat cagar budaya Wisnu. Saat di Sumenep, Wisnu mengajak masyarakat agar menjaga dan merawat cagar budaya secara berjenjang.

banner 728x728

“Meski masyarakat Sumenep masih minim untuk pengetahuan cagar budaya, namun setidaknya dengan sosialisasi ini mereka bisa sadar bagaimana pentingnya merawat dan menjaga lestarinya alam dengan cagar budaya,” saran Wisnu.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep Carto menyampaikan, Sumenep selain kental dengan keanekaragaman budaya, cagar buraya di Sumenep masih cukup tergolong banyak.

“Jadi nanti tidak ada lagi istilah Sumenep kota gersang, saat para wisman datang untuk berkunjung,” kata Carto, Jumat (10/5).

Menurut Carto, masyarakat masih tergolong kurang peduli terhadap keberadaan cagar budaya di Bumi Sumekar. Itu sebabnya masyarakat seakan tak perduli jika cagar budaya sangat banyak manfaatnya.

“Hanya saja masyarakat saat ini belum sadar bahwa cagar budaya yang ada di Sumenep ini sangat banyak sekali. Kita akan terus menyosialisasikan bagaimana pentingnya merawat cagar budaya yang ada,” terangnya.

Ditanya soal berapa banyak cagar budaya yang terdapat di Kabupaten Sumenep, ia menjelaskan lebih dari 100 cagar budaya belum dikelola secara benar. Hanya sudah selesai dalam pendataan saja.

Baca juga:  Baksos DPRD: Baihaki Himbau Pedagang Jaga Kebersihan Pasar

“Kalau cagar budayanya ada dan sudah terdata. Sekitar 120 lebih cagar budaya. Namun masyarakat belum paham bagaimana cara pengelolaannya. Maka dari itu kita akan terus lakukan pendampingan, agar masyarakat luas tahu, bagaimana kaya akan alamnya ini,” tandas Carto. (MR/NR)

banner 728x728

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

banner 728x90
WhatsApp Kirim Info