Bupati Sumenep Unggulkan Wirausaha Muda dalam IGA 2020

Bupati Sumenep A. Busyro Karim. (Foto: Dok. MI)

maduraindepth.com – Masuk sebagai salah satu nominator Innovative Government Award (IGA) 2020, Pemkab Sumenep memaparkan sejumlah program inovasi unggulan. Bupati Sumenep yang mempresentasikan langsung di hadapan panelis IGA 2020 secara virtual Rabu (4/11) malam.

Pada ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tersebut, orang nomor satu di Kota Keris itu menjabarkan salah satu program di antaranya wirausaha muda.


Inovasi tersebut merupakan satu dari 96 program yang masuk dalam penilaian tim panelis IGA 2020. Saat dikonfirmasi, Bupati Sumenep A. Busyro Karim memilih mempresentasikan program wirausaha muda dikarenakan berorientasi langsung pada peningkatan sumberdaya manusia (SDM).

Menurut mantan Ketua DPRD Sumenep itu, program wirausaha muda mampu menyiapkan tenaga muda terampil. Sehingga bisa menciptakan usaha sendiri. Tidak hanya itu, di sisi lain hampir 30 persen lebih penduduk Kabupaten ujung Timur Pulau Garam ini masuk dalam kategori usia produktif.

“Beberapa keunggulan program ini di antaranya model pengembangan wirausaha muda diakui banyak pihak secara nasional,” ujarnya kepada Maduraindepth.com, Jumat (6/11).

Diterangkan, secara teknis program wirausaha muda dibagi dalam tiga tahapan. Meliputi pra inkubasi, pelatihan, hingga rencana bisnis. Usai tahap inkubasi, para anggota wirausaha muda mendapatkan bantuan alat produksi, pendampingan teknologi, produksi/pengolahan di rumah produksi, manajemen, akses pasar serta fasilitasi pembiayaan/modal.

Baca juga:  Bahas 4 Agenda Penting, DPRD Sampang Gelar Rapat Paripurna

Kemudian pasca inkubasi, wirausahawan muda dimasukkan dalam satuan manajemen usaha Rumah Produksi Kabupaten. Setelah itu ke Rumah Produksi Kecamatan hingga industri rumahan.

Melalui program ini, lanjut pengasung Pondok Pesantren Al-Karimiyah Braji Gapura itu, memiliki dampak nyata terhadap pembangunan Kota Keris. Salah satunya dalam menyusutkan angka pengangguran. Kemudian mampu meningkatkan usaha kecil, juga meningkatkan pendapatan perkapita.

“Program wirausaha muda ini diapresiasi banyak pihak, salah satunya oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora),” pungkas Bupati dua periode ini.

Sebagai tambahan informasi, Kabupaten Sumenep merupakan salah satu Kabupaten/Kota se-Indonesia yang mengikuti tahapan presentasi kepala daerah, dalam penilaian dan pemberian penghargaan IGA 2020 Kemendagri. Kabupaten Sumenep masuk 12 besar daerah sangat inovatif dalam ajang tersebut. (*/MH)