Swalayan Adirasa Terbakar, Ini Penyebabnya

0
62
Swalayan Adirasa
Petugas Damkar saat terjun ke lokasi kebakaran. (Foto: MR/MI)

maduraindepth.com – Sebuah swalayan bernama Adirasa di Jalan Raya Gapura, Bangkal nomor 17 Sumenep terbakar. Peristiwa ini terjadi pada Kamis (28/11/2019) sekitar pukul 16:00 WIB sore ketika listrik padam.

“Saya tanyakan ke karyawan toko, kebakaran terjadi baru saja, sekitar pukul setengah lima,” terang Aco (24), warga setempat.

Aco menjelaskan, insiden kebakaran terjadi saat karyawan swalayan bergegas ke gudang untuk menghidupkan jenset, sebab listrik padam. Setelah jenset dinyalakan, tak lama berselang, aliran listrik menyala sehingga jenset otomatis tidak dinyalakan lagi. Namun, berselang lima menit dari jenset dimatikan, tiba-tiba terdengar ledakan di ruang atas toko.

“Tiba-tiba api membesar begitu saja. Setelah turun dan mematikan jenset, tidak lama jenset meledak,” papar Aco, dari hasil keterangan karyawan toko.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Abd. Rahman Riadi, membenarkan penyebab terjadinya kebakar tersebut. “Benar, itu terjadi karena adanya konsleting jenset,” katanya, saat dikonfirmasi melalui sambungan seluler.

Diketahui, gudang penyimpanan jenset tersebut berisi benda mudah terbakar. Seperti kardus yang membuat api semakin menjadi dan melalap isi gudang.

Untung, satu mobil pemadam kebakaran (Damkar) dan dua mobil pengangkut air milik BPBD Sumenep dikerahkan untuk menjinakkan api. Api yang sudah berhasil merobohkan atap atas bangunan dan melalap habis isi gudang berhasil dijinakkan sekira pukul 17.15 WIB sore.

“Sekitar 35 menit sudah bisa dikontrol,” singkatnya. (MR/MH)