Safari Kepulauan Sasar Enam Kecamatan Kepulauan

Bupati beserta rombongan berjalan menuju lokasi. (Foto: AJ/MI)

maduraIndepth.com – Bupati Sumenep A. Busyro Karim memimpin apel keberangkatan di Pelabuhan Kalianget, Senin (14/9) sekitar pukul 07.00. Rencananya, Bupati Sumenep bersama rombongan akan mendatangi enam kecamatan di wilayah kepulauan di Kabupaten Sumenep.

KM Satya Kencana 2 milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) menjadi armada yang dipilih pada kegiatan Safari Kepulauan 2020. Enam kecamatan kepulauan yang akan dikunjungi pada agenda kunjungan kerja orang nomor satu di Kota Keris itu.


Hari pertama Senin (14/9) yakni Kecamatan Nonggunong dan Gayam di Pulau Sapudi yang dituju. Pulau yang terletak sekitar 27 mil laut bagian Timur Pulau Madura. Sekitar tiga jam perjalanan laut, kapal bersandar di Pelabuhan Tarebung Kecamatan Nonggunong. Agak gersang di wilayah pesisir pulau ini.

Sebanyak 12 motor, 27 mobil, dan 2 truk secara bergantian keluar dari dek kendaraan KM Satya Kencana 2. Rombongan lanjut menggunakan jalur darat menuju kantor pemerintahan Kecamatan Nonggunong.

Kurang lebih 15 menit, rombongan tiba di pusat kecamatan yang memiliki luas wilayah sekitar 40,079960 km2 dan terdiri dari 8 desa itu. Di kecamatan ini, Bupati juga menyerahkan berapa bantuan. Selain itu dia juga mengevaluasi dan memaparkan sejumlah program yang dicanangkan pemerintah daerah.

Safari
Bupati Sumenep A. Busyro Karim beserta forkopimda memimpin apel keberangkatan Safari Kepulauan 2020 di Pelabuhan Kalianget Sumenep, Senin (14/9). (Foto: AJ/MI)

Setelah itu, rombongan lanjut menyusuri jalan poros kabupaten menuju Kecamatan Gayam. Terlihat beberapa titik ruas jalan rusak berlubang. Juga, ada salah satu proyek pembangunan yang sedang berlangsung saat iring-iringan kendaraan melintasi salah satu desa di Pulau penghasil sapi kerapan berkualitas ini.

Baca juga:  Siapa Sosok Fuad Amin?

Di kecamatan selanjutnya, agenda yang dilaksanakan tak jauh berbeda. Hanya saja ada peletakan batu pertama pembangunan gedung olahraga (GOR) dan seremonial tambahan lainnya di kecamatan dengan 10 desa dan memiliki luas wilayah sekitar 88,398873 km2 tersebut.

”Bisa jadi ini kunjungan terakhir saya ke Pulau Sapudi sebagai bupati. Tapi saya akan terus bekerja untuk masyarakat Sumenep,” ujar mantan Ketua DPRD Sumenep itu disela-sela sambutan.

KM Satya Kencana 2 bersandar di Pelabuhan Kalianget Sumenep, Senin (14/9) jelang keberangkatan safari kepulauan. (Foto: AJ/MI)

Sembari menyampaikan permintaan maaf, dia juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat mempercayakan jabatan kepala daerah selama satu dekade.

Sesuai jadwal, rombongan Safari Kepulauan akan bergerak menuju Pulau Raas, Selasa (15/9) pagi. Kemudian berlanjut ke Pulau Kangean, Rabu (16/9), dan Pulau Sapeken, Kamis (18/9). (*/AJ)