Rumah Desa Hebat Komitmen Wujudkan Seribu Sarjana di Sampang

Rumah desa hebat
Pengurus Rumah Desa Hebat Sampang Saat merayakan Hari Jadi ke-3 di Balai Pertemuan Umum, Sampang, Ahad (19/12). (FOTO: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Dalam rangka memperingati hari jadi yang ke 3 tahun, Rumah Desa Hebat berkomitmen memperjuangkan hak dan kesempatan bagi para pelajar di Kabupaten Sampang. Terutama bagi mereka yang memilik keinginan besar untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Founder Rumah Desa Hebat Abu Rizal menyampaikan, pihaknya memiliki beberapa inovasi dan program pada tahun sebelumnya. Pada 2022 mendatang pihaknya memiliki program mewujudkan 100 sarjana bagi pelajar yang kurang mampu.


“Untuk program unggulan kami dalam jangka panjang target seribu sarjana,” ujar Abu Rizal.

Guna mencapainya, pihaknya terus melakukan pendekatan dan konsolidasi ke sejumlah perguruan tinggi yang ada di Madura maupun luar Madura.

“Kami terus berupaya lakukan konsilidasi ke rektor kampus, mulai UNIRA, IAIN, UIM, Akbid Husada maupun kampus di luar Madura,” terangnya.

Pendekatan itu di samping untuk mencapai target jangka panjang dengan program seribu sarjana, juga bertujuan pemerataan pendidikan bagi pelajar-pelajar yang berasal dari Sampang.

“Kami coba memperluas dengan beberapa kampus, saat ini masih 18 orang. Cuma ada satu siswa dari beasiswa Baznas, sedangkan lainnya dari jalur Kartu Indonesia Pintar,” jelas Rizal.

Dia mengungkapkan, teknis pendataan dan kerjasamanya melalui blusukan ke setiap desa untuk mengajak pelajar melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan memanfaatkan jalur beasiswa.

Baca juga:  Tiga Korban Kapal Tenggelam Asal Lobuk Belum Ditemukan Hingga Hari Keempat

“Kami blusukan mendatangi rumahnya, meyakinkan orang tua bahwa anak mereka berhak mengenyam pendidikan ke perguruan tinggi melalui beasiswa,” tandasnya.

Baca juga: Mengenal Rumah Desa Hebat, Bantu Pemuda Desa Lanjutkan Kuliah

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga Disporabudpar Sampang Muhammad Nasir mengapresiasi adanya Rumah Desa Hebat tersebut. Menurutnya, hingga saat ini masih eksis serta memperjuangkan pemuda-pemudi di Sampang untuk mengenyam pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

“Rumah Desa Hebat ini masuk kepemudaan juga masuk ke dinas pendidikan, namun yang penting pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia di Sampang kita dukung,” ungkapnya.

Adanya program seribu sarjana yang ditargetkan Rumah Desa Hebat harus dicapai lima hingga sepuluh tahun kedepan dengan pemerataan siswa yang ada di setiap desa.

“Kami Disporabudpar Sampang mendukung penuh cita-cita dan target Rumah Desa Hebat ini untuk seribu sarjana agar tercapai dan berkelanjutan demi pendidikan di Sampang,” pungkasnya. (Alim/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here