banner auto

Persiapan Pemilu 2024, Polres Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata dan Deklarasi Damai

operasi mantap brata deklarasi damai pemilu 2024
Kapolres Sumenep saat memeriksa barisan pasukan pada Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata jelang Pemilu 2024. (Foto: IST)

maduraindepth.com – Polres Sumenep menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 sekaligus deklarasi damai jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Halaman Satpas SIM Polres Sumenep , Selasa (17/10). Total 522 personil Polres Sumenep mengikuti apel gelar pasukan. Selain itu juga diikuti petugas dari Satpol PP, Dishub, Damkar, Linmas serta partai peserta Pemilu.

Apel Gelar pasukan ini ditandai dengan pemeriksaan pasukan dan penyematan pita oleh Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko kepada perwakilan personil masing-masing Satgas. “Apel Gelar Pasukan dilaksanakan secara serentak di Seluruh Indonesia, merupakan pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarpras Operasi Mantap Brata 2023-2024. Sehingga pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar,” ujarnya saat membacakan amanat Kapolri.

Diterangkan, Operasi Mantap Brata dilaksanakan dalam rangka pengamanan Pemilu 2024. “Guna mengamankan pemilu 2024, Polri didukung TNI, instansi terkait menggelar Ops Mantap Brata 2024,” tuturnya.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Polres Sumenep juga menggelar apel deklarasi Pemilu Damai yang dihadiri Forkopimda dan penyelenggara Pemilu serta perwakilan dari partai politik (Parpol) di wilayah Sumenep.

Menurut Edo, kegiatan ini akan menjadi momen penting untuk memperkuat komitmen bersama antara penyelenggara dan partai politik dalam menciptakan Pemilu yang aman dan damai. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan situasi Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) yang kondusif selama masa kampanye pemilu dan pada hari pemungutan suara.

Baca juga:  Akibat Kompor Gas, Dua Rumah dan Satu Toko Hangus Terbakar

Pihaknya juga menekankan perlunya kerjasama aktif dari seluruh pihak terkait untuk mencapai tujuan tersebut. Dia mengajak semua penyelenggara pemilu dan partai politik untuk bekerja sama dalam menciptakan iklim politik yang sehat dan menghindari konflik atau tindakan melanggar hukum yang dapat mengganggu proses demokrasi.

“Kita berharap melalui apel deklarasi ini, semua pihak dapat berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kedamaian selama proses pemilu berlangsung di wilayah hukum Polres Sumenep. Mari bersama-sama menciptakan pemilu yang aman, damai, dan mengedepankan semangat demokrasi yang sehat,” ajaknya. (*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya DI SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto