Pemkab Sampang Madura Bakal Luncurkan Smart City

0
169
Smart City Sampang
Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat (tengah) Saat memberikan Sambutan, didampingi Sekdakab Sampang, Yuliadi Setiyawan, (kanan), Kabag Tapem Asroni (kanan) dan Kadis Kominfo Juwardi (kiri), di Acara Pres Gathering di Restaurant Hotel Camplong, Senin (09/12). (Foto: RIF/MI)

maduraindepth.com – Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sampang, Yuliadi Setiawan mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat akan melakukan pengelolaan sistem informasi elektronik. Sistem dengan smart city ini tujuannya untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi tentang anggaran maupun program yang ada di Pemkab.

Hal itu diungkapkan Yuliadi Setiawan dalam acara pres gathering di Restaurant Hotel Camplong, Senin (09/12/2019) malam.

Dengan sistem informasi ini, lanjut Wawan sapaan karib Sekda, masyarakat bisa melakukan pengaduan kepada Pemkab apabila ada temuan-temuan di lapangan melalui aplikasi smart city tersebut. Nanti, jelasnya, berdasarkan laporan atau pengaduan dari masyarakat itu, Pemkab bisa langsung melakukan penindakan.

“Misalkan, sampah yang berserakan di salah satu lokasi, masyarakat bisa memberikan aduan temuan tersebut melalui aplikasi tersebut,” ujarnya

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadiskominfo) Kabupaten Sampang, Juwardi mengatakan, kedepannya pemerintah kabupaten sampang akan melaksanakan sistem pelayanan berbasis elektronik (SPBE).

Di era saat ini media yang lain-lain misalkan majalah, buletin maupun radio sudah kalah dengan kemajuan informasi elektronik dengan tidak meninggalkan media-media tersebut. “Kami sudah membuat websitenya, bahkan melalui alokasi dana desa sebanyak 180 tower melalui dinas pemberdayaan pemerintahan desa akan dibangun,” imbuhnya.

Masih menurut Juwardi, saat ini pihaknya masih kekurangan tenaga IT. Sebelumnya, Juwardi mengakui untuk tenaga IT pihaknya masih menggunakan tenaga outsourcing.

“Kami menargetkan tahun 2021 harus menggunakan SPBE,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat menambahkan, pihaknya berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik demi terwujudnya Sampang Hebat Bermartabat. Dia juga mengharap, kerja sama dengan awak media di Kabupaten Sampang dalam mengawal kemajuan pembangunan dapat disenergikan dengan cara mempublikasikan hal-hal yang bersifat positif.

Sebab menurut dia, media merupakan corong informasi dalam membawa nama baik kabupaten sampang. “Tidak mungkin berita itu selalu negatif, pasti ada positifnya, tapi kalau beritanya selalu negatif, maka tidak bagus juga,” tuturnya. (RIF/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here