Menyatukan Santri, Formas: Forum Reuni dan Silaturrahmi

0
42
Acara pengajian umum yang digelar Formas di Dusun Jurang Dalam Desa Dempo Barat.

maduraindepth.com – Reuni sekaligus silaturrahmi, kembali digelar oleh kelompok pelajar dan para alumni se Kecamatan Pasean, Ahad (9/6). Tepatnya di Dusun Jurang Dalam, Desa Dempo Barat, acara itu dilangsungkan. Persatuan tersebut tergabung dalam Forum Mahasiswa Alumni dan Santri (Formas).

Kali ini panitia pelaksana menggelar pengajian umum. Masyarakat setempat diundang untuk menghadirinya. Kemudian panitia mengundang dua penceramah tokoh agama, yakni KH. Imam Hasyim, Ponpes Al-Hidayah Bluto Sumenep, dan KH. Thaha Abror, Ponpes Al-Hamidy Banyuanyar.

Pengajian umum dilaksanakan biasanya se tahun dua kali yakni di bulan ramadhan dan bulan maulid. Jajaran kepengurusan forum tersebut terdiri dari unsur santri, para alumni, dan tokoh masyarakat. Mereka bersatu menjalin persatuan untuk menguatkan ukhwah islamiyah.

Penanggung Jawab Formas Mukra mengatakan, masyarakat di Wilayah Pasean punya wadah pemersatu yakni Formas. Formas sendiri merupakan kumpulan para santri. Santri yang terpaut tidak hanya milik santri di satu pesantren, melainkan seluruh santri se Kecamatan Pasean.

Menurut dia, jika Formas dinilai masyarakat hanya didominasi santri asal Ponpes Banyuanyar, anggapan itu kurang tepat. Formas didirikan untuk pemersatu santri se Kecamatan Pasean. Artinya selama ia pernah menjadi/berstatus santri, maka ia bisa bergabung ke Formas.

“Forum ini milik semua santri di wilayah Pasean, tidak hanya di satu pesantren, melainkan santri pasean di seluruh pesantren. Semoga Formas ke depan ada banyak yang memiliki. Sehingga persatuan silaturrahmi ini berjalan secara rutin,” tandasnya. (NR/MI)