Jaspenu Sumenep Berbagi Bersama Abang Becak

0
70
Penyerahan Zakat Fitrah oleh Jaspenu Sumenep kepada Abang becak. (Maduraindepth/Hendra)

maduraindepth.com – Jaringan Santri dan Pelajar (Jaspenu) Kabupaten Sumenep melakukan do’a bersama dan berbagi untuk Negeri dengan melibatkan masyarakat dan abang becak.

“Ini sebagai wujud nyata dan refleksi kami dalam memaknai bulan suci ramadhan. Bagi kami, puasa itu mengajarkan kesetaraan (equality) antar sesama,” kata Ketua Jaspenu Sumenep, Edy Masrul, Selasa (28/5).

Menurut dia, saat puasa semua pasti lapar. Salah satu prasyarat untuk mencapai hal tersebut (kesetaraan dan keadilan) adalah dengan cara memupuk hati untuk perduli dan berbagi dengan masyarakat kurang mampu.

Bingkisan yang dipersembahkan, kata Edi, hanya bagian dari sikap kepedulian persaudaraan dan kemanusiaan sebagai sesama anak negeri. “Meski tidak seberapa tetapi mudah-mudahan mampu menjadi pelipur dahaga,” paparnya.

Retakan sosial sebagai akibat langsung dari pagelaran politic electoral kita baru-baru ini perlu disikapi secara dewasa dan konstruktif dengan terus menggugah kembali kesadaran etis kita selaku umat yang taat beragama juga sebagai warga negara yang baik.

“Kita semua adalah bersaudara senasib dan seperjuangan. Di luar kontestasi politik kekuasaan, kita adalah makhluk sosial yang juga manusia beradab dan berbudaya tinggi yang tentu saja saling membutuhkan serta saling melengkapi dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Ajimuddin, korwil Jaspenu Madura.

Puasa Ramadhan ini, lanjut Aji, dapat dimengerti sebagai metodologi Tuhan agar kita sadar betapa lemahnya manusia. “Dan juga bisa kita maknai sebagai sebuah alarm bahwa tepo sliro (saling bantu dan tenggang rasa) adalah solusi tepat bagi banyak persoalan sosial kemasyarakatan kita,” sambung Aji. (MR/NR)