Gedung Smart Room Diresmikan, Wujud Keseriusan Sampang Jadi Kota Cerdas

smart room sampang
Bupati Sampang didampingi Wabup dan Sekdakab Sampang, serta Tenaga Ahli Kemenkominfo RI Hari Kusdaryanto. (Foto : Alimuddin/MID)

maduraindepth.com – Bupati Sampang meresmikan Gedung Smart Room yang berada di kompleks Pendopo Trunojoyo, Rabu (11/10). Peresmian itu sebagai wujud keseriusan pemerintah daerah dalam mewujudkan Kabupaten Sampang sebagai Kota Cerdas (Smart City).

Peresmian itu dihadiri Wakil Ketua DPRD Sampang, Tenaga Ahli Kemenkominfo RI Hari Kusdaryanto, serta para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sampang. Termasuk Direktur Poltera, Bank Sampang dan RSMZ, serta Perwakilan TP2D.

Kepala Dinas Kominfo Sampang, Amrin Hidayat mengatakan, keberadaan Smart Room akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi pemerintah daerah dan masyarakat. Pasalnya, segala informasi mengenai Sampang bisa diketahui dengan layanan dan fasilitas yang disediakan.

“Smart Room center sebagai pusat informasi, menyerupai command center yang akan menambah sederet inovasi pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Sampang,” katanya.

Menurut dia, Smart Room dilengkapi dengan fasilitas teknologi canggih guna mempermudah operasional pelayanan publik agar lebih efektif efisien, dengan menggunakan sistem IoT (Internet of Things) yang bisa terhubung langsung dengan perangkat aplikasi. Kata Amrin, IoT memungkinkan untuk berkomunikasi, mengendalikan, serta terhubung langsung dengan perangkat cerdas machine-to-machine, menggunakan teknologi internet, konektivitas, sensor dan artificial intelligence.

“Inovasi ini tentunya akan membanggakan bagi warga Sampang, mari wujudkan Sampang Hebat Bermartabat sebagai Kota Cerdas,” ajaknya.

Bupati Sampang, Slamet Junaidi mengaku bangga lantaran wilayahnya berada di trek yang tepat, dalam rangka menyambut era digital dengan mempersiapkan segala fasilitas pendukungnya termasuk Gedung Smart Room. “Gedung ini jadi bukti jika Sampang siap menjadi Kota Digital Cerdas (Smart City) yang mendayagunakan segala informasi dan data digital, guna pembangunan serta pelayanan yang lebih optimal bagi masyarakat,” terangnya.

Baca juga:  Pemkab Sampang Lantik 335 Pejabat, Bupati Sampang Ingatkan Pejabat Agar Lebih Bertanggung Jawab

“Smart Room nantinya akan mendukung berbagai sistem dan perangkat saling berbagi komunikasi serta informasi secara real time, bahkan mampu menjadi trigger intregasi data di lingkungan Pemkab Sampang,” imbuhnya.

Orang nomor satu di Sampang itu meyakini, dengan adanya gedung itu, pelaksanaan operasional kegiatan dan pelayanan publik semakin efisien, serta pemanfaatan sumber daya manusia juga lebih maksimal.

Selain meresmikan Gedung Smart Room, pelaksanaan penandatanganan komitmen bersama menuju Sampang Smart City dapatnya dilandasi atas kesadaran, melihat peluang besar atas manfaat implementasi konsep smart city.

“Gedung ini menjadi simbol kesiapan Sampang untuk berinovasi secara berkelanjutan, kerjasama yang solid antar OPD harus diimplementasikan agar dapat menjadi trigger memantik terwujudnya Sampang Smart City,” kata lelaki yang akrab disapa Aba Idi itu.

Pihaknya berharap, gedung Smart Room itu menjadi pusat kolaborasi yang produktif, wadah inovasi yang tiada henti, dan sarana menciptakan perubahan positif di lingkungan Pemkab Sampang.

“Misalnya dalam rangka mendukung terciptanya proses pembangunan berkelanjutan, inklusif, kolaboratif dan sesuai dengan paradigma sustainable development goals (SDGs),”pungkasnya. (Alim/*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya DI SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *