FKDT Sampang Gelar Muscab Periode 2021-2026, Pemilihan Ketua Sempat Diulang

172
Muscab FKDT Sampang
Suasana Muscab FKDT Kabupaten Sampang periode 2021-2026, Ahad (28/2). (FOTO: Arief Tirtana/MI)

maduraindepth.com – DPC Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Sampang menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) periode 2021-2026 di Yayasan As-Sayyidil Arabi, Jalan Rajawali, Kelurahan Karang Dalam, Kecamatan Kota Sampang, Ahad (28/2).

Muscab FKDT Sampang periode 2021-2026 tersebut diikuti pengurus PAC 14 kecamatan se-Kabupaten Sampang dan DPW FKDT Jawa Timur dan Kemenag Sampang.


Sekretaris DPW FKDT Jawa Timur Gus Mahin mengatakan, pencalonan ketua FKDT dilakukan secara aklamasi dan yang berhak maju harus mengantongi dukungan FKDT kecamatan.

“Yang memiliki suara terbanyak itu yang maju, jikalau secara aklamasi, siapa yang ditunjuk ya beliau yang jadi. Yang maju sebagai calon ketua FKDT sedikitnya memiliki lima suara yang aktif di pengurusan tingkat kecamatan,” katanya.

Dalam pemilihan itu, kandidat yang maju sebagai calon ketua FKDT tidak boleh merangkap jabatan sebagaimana diatur dalam tata tertib (tatib) yang ada. “Ketua akan ditetapkan sesuai mayoritas suara. Setiap PC harus memiliki hak suara plus dari ketua,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kemenag Sampang H. Pardi melalui Kasi Pontren Kemenag Sampang Ahmad Sayfuddin menyampaikan, Muscab FKDT Sampang periode 2021-2026 berlangsung aman dan lancar.

Melalui Muscab ini, pihaknya berharap FKDT bisa membangun pendidikan diniyah di Kabupaten Sampang semakin berkembang dan maju.

“FKDT adalah organisasi mandiri dan mampu membantu percepatan revitalisasi madin menuju madin yang update dengan data, basic data emis juga banyak terbantu. Di samping itu FKDT jaga turut mengawasi keberadaan lembaga madin takmiliyah,” paparnya.

Baca juga:  Laka Lantas di Sampang Dalam 2 Tahun Terakhir, Kerugian Capai Rp 640 Juta

Sekedar diketahui, dalam Muscab tersebut K. Mujahidin terpilih sebagai ketua FKDT Kabupaten Sampang dengan perolehan sebanyak 10 suara. Namun dia membuat pernyataan tentang ketidaksiapannya memimpin FKDT dalam lima tahun kedepan.

Akibatnya terjadi pemilihan ulang dengan jumlah empat orang yang maju sebagai kandidat. Yakni Ustadz Zainuddin, KH. Suja’i, K. Mujahidin dan Ustadz Hasan.

Dalam pemilihan ulang tersebut, KH. Suja’i terpilih untuk mengemban amanah dan tanggung jawab sebagai ketua FKDT Kabupaten Sampang periode 2021-2026 dengan perolehan tujuh suara. (RIF/MH)