Bawaslu Sumenep Pantau Pemberitaan Media Jelang Pemilu

Bawaslu Sumenep saat duduk bersama dengan sejumlah wartawan Sumenep di Hotel Utami.

maduraindepth.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumenep bersama pegiat media bersatu untuk menyukseskan pemilu 2019. Bawaslu memantau peliputan media, dokumentasi, dan media informasi.

Acara tersebut dalam kegiatan sosialisasi pengawasan partisipasi. Dengan tema, peliputan, dokumentasi dan pengelolaan media informasi dalam rangka pemilu tahun 2019, di Aula Hotel Utami Sumenep, Jumat (12/04/2019), sekira pukul 19.00.


Ketua Bawaslu Sumenep Anwar Nuris mengatakan, dalam sosialisasi dirinya akan melakukan koordinasi dan sharing dengan semua wartawan tentang undnaang-undang (UU) peliputan.

“Kami memang kemas pertemuan ini dengan sosialisasi, juga sengaja dengan suasana familier, agar supaya kami dengan para wartawan bisa saling koordinasi untuk pemberitaan dalam rangka penyajian berita pemilu,” kata Anwar Nuris.

Suasana yang santai, Nuris lebih mengedepankan keakraban dan keselarasan. Sehingga antara penyelanggara pemilu dengan awak media terjalin hubungan emosional yang baik.

“Dengan sajian informasi yang berimbang dan faktual maka masyarakat akan mengetahui informasi secara utuh kinerja yang telah dilakukan Bawaslu,” terang Nuris.

Nuris menjelaskan, apabila ada suatu pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu, pihaknya tidak akan segan-segan untuk melakukan tindakan tegas sesuai dengan UU.

“Apabila ada laporan kepada kami, maka kami akan melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan,” tegasnya.

Dalam kegiatan ini, turut hadir seluruh anggota Bawaslu Sumenep, semua wartawan yang tergabung dalam organisasi Asosiasi Media Online Sumenep (Amos), Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumenep, dan Ikatan Wartawan Online. (mr/ns)