15 Pemuda Sampang Akan Dilatih di BBPLK Bandung, 4 Orang Asal Pulau Mandangin

maduraindepth.com – Sebanyak 29 peserta dari berbagai wilayah se-kabupaten Sampang mengikuti seleksi program pelatihan kerja yang dilaksanakan oleh Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung, Jawa Barat. Seleksi peserta digelar di Balai Latihan Kerja (BLK) Sampang, selama dua hari, mulai Rabu (11/3/2020) sampai Kamis (12/3/2020).

Para peserta memperebutkan 15 kuota untuk Kabupaten Sampang yang akan dipilih mengikuti pelatihan di Bandung pada 29 Maret nanti. “Ada 4 bidang program pelatihan yang disiapkan, yakni pelatihan las, servis AC, R2 dan R2 4,” ucap Ludfi, Kasi Pelatihan dan Tenaga Kerja Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) Sampang, Jum’at (13/3/2020) lalu.


Dijelaskan Ludfi, peserta yang mengikuti seleksi harus mengerjakan tes tertulis dengan durasi waktu 90 menit. Selain itu peserta diuji tes wawancara oleh 2 orang penguji dari BBPLK Bandung, yakni Mujianto dan Firman.

“Setelah tahapan seleksi selesai, sebanyak 15 orang terpilih mengikuti pelatihan di Bandung. 4 peserta diantaranya berasal dari Pulau Mandangin,” jelas Ludfi.

Ludfi berharap, dengan mengikuti pelatihan di Bandung nanti, para peserta dari Sampang dapat meningkatkan kemampuannya sesuai keahlian masing-masing serta mampu berdaya saing di dunia kerja dan usaha kerja. Hal itu, kata dia, merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan visi misi Bupati Sampang yakni Sampang Hebat dan Bermartabat.

Baca juga:  Terlibat Kasus Narkoba, Anggota Polres Sampang Diberhentikan Secara Tidak Hormat

“Apabila mereka buka usaha sendiri kami berharap mereka bisa membuka lapangan kerja untuk lingkungan sendiri dalam meningkatkan perekonomian sekitarnya sehingga dapat mengurangi pengangguran,” harap Ludfi.

Diketahui, sebelum mengikuti seleksi di BLK Sampang, 4 pemuda asal Pulau Mandangin tersebut telah mengikuti pelatihan montir dan bengkel yang dilaksanakan di laboratorium SMKN 3 Sampang melalui Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) HCML tahun 2019. (AW)