Waspada Tanah Longsor dan Angin Puting Beliung

0
57
Puting Beliung
Istimewa.

maduraindepth.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengimbau warga untuk mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem. Sebab, saat ini telah masuk musim penghujan.

Kepala BPBD Sumenep, Abd. Rahman Riadi mengatakan, pada musim hujan yang perlu diwaspadai adalah tanah longsor dan angin puting beliung. Sehingga kewaspadaan perlu ditingkatkan oleh masyarakat, mengingat pada masa peralihan musim sering terjadi cuaca ekstrem.

“Memasuki musim hujan seperti sekarang ini, cuaca berubah setiap saat. Apalagi terkadang terjadi hujan deras disertai angin kencang. Ini yang harus diwaspadai,” tutur dia saat dihubungi media ini, Sabtu (7/12).

Untuk memaksimalkan kewaspadaan masyarakat, Rahman, mengaku telah berkoordinasi baik dengan pihak Kecamatan maupun Desa. Salah satu tujuannya agar penanggulangan bisa dilakukan secara maksimal ketika terjadi bencana.

“Kita tingkatkan koordinasi dengan kecamatan dan desa. Sebab, bencana alam terjadi secara tiba-tiba tanpa bisa diprediksi. Seperti terjangan angin puting beliung yang melanda Kecamatan Lenteng dan Rubaru beberapa waktu lalu, yang mengakibatkan belasan bangunan rusak berat dan ringan,” pungkasnya. (MR/AJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here