Ratusan Personel Keamanan Siap Pantau Arus Mudik

Kasubag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti.

maduraindepth.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, sejumlah personel keamanan di Kabupaten Sumenep siap bersiaga memantau arus mudik lebaran.

Di kesempatan ini, Kepolisian Resort (Polres) Sumenep akan menggelar Operasi Ketupat Semeru 2019 dengan melibatkan 211 personel gabungan.


Kasubag Humas Polres Semenep, AKP Widiarti menyampaikan, tim gabungan telah dipersiapkan untuk mengamankan mudik. Rinciannya, 111 anggota dari Polres Sumenep, 38 anggota dari Tentara Negara Indonesia (TNI), empat anggota masing-masing dari Dinas Perhubungan (Dishub), Linmas, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Pemadam Kebakaran (Damkar).

“36 orang anggota dari Dinas Kesehatan (Dinkes), empat orang dari KSOP, dua unit derek, empat dari Patkamla,” kata dia kepada Maduraindepth, Sabtu (25/5).

Operasi Ketupat Semeru 2019, lanjut Widi, akan dimulai tanggal 29 Mei 2019. Sementara apel pasukan akan dipersiapkan tanggal 28 Mei 2019.

Siaga keamanan akan difokuskan pada jalur rawan kecelakaan. “Seperti daerah kota, pelabuhan Kalianget, pelabuhan Dungkek, pelabuhan Tanjung, dan ditempat-tempat wisata yang ada,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, Polres Sumenep akan membangun pos pengamanan di derah tertentu. Seperti lintas Jalan Kabupaten Sumenep-Pamekasan.

“Kami imbau kepada pengguna jalan agar berhati-hati. Jangan sampai tergesa-gesa, jaga keselamatan, keluarga menanti di rumah,” sarannya.

Dirinya juga berharap agar masyarakat bisa bekerja sama dengan petugas dalam mengamankan jalannya mudik dan balik pasca lebaran. (MR/NR)