Mengenal Tajin Sobih Khas Bangkalan

Tajin Sobih
Tajin Sobih Khas Bangkalan (FOTO: MID24)

maduraindepth.com – Kuliner tradisional ini berasal dari kota Bangkalan, tajin sobih atau bubur sobih. Dari namanya, Tajin Sobih terdiri dari dua kata. Yaitu ‘Tajin’ berasal dari Bahasa Madura yang bisa diartikan semacam bubur, dan ‘Sobih’ itu sendiri adalah nama sebuah desa kecil di Kabupaten Bangkalan. Tepatnya di Kecamatan Burneh, terletak tidak jauh dari jalan raya. Kira-kira hanya lima menit memakai sepeda motor dari jalan raya.

Tekstur dari tajin sobih lembut seperti bubur sumsum karena sekilas seperti bubur sumsum. Tetapi ada ciri khas yang dimiliki tajin sobih. Yaitu ada cenil berkuah warna coklat yang membuat tajin sobih berbeda dengan bubur lainnya.

Menurut Subaidah, pengusaha tajin sobih, tidak semua orang bisa membuat tajin sobih karena hanya bisa dibuat oleh orang asli dari kecil yang bernama Sobih.

Tajin Sobih
Tajin Sobih Khas Bangkalan (FOTO: MID24)

“Kalau yang bubur sumsum, santan, dan gula merah semua orang bisa membuatnya, tetapi yang cenil berkuah warna coklat ini tidak semua orang bisa membuatnya, inilah ciri khas dari tajin sobih di Bangkalan,” jelasnya.

Biasanya tajin sobih banyak ditemui pada pagi hari sekitar pukul 5.30WIB di pasar – pasar tradisional atau bisa juga ditemui di pinggir – pinggir jalan raya. Setiap isiannya ditaruh di dalam panci-panci kecil di atas gheddeng (semacam anyaman bambu). (MID24/MH)

banner 728x728

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

banner 728x90
WhatsApp Kirim Info