Lahan Di Sumenep Terbakar, Ini Penyebabnya

0
202
Lahan Terbakar di Sumenep
Kondisi api yang sudah bisa dipadamkan, setengah lahan hangus terbakar (Foto: MR/MI)

maduraindepth.com – Lahan seluas satu hektar di dekat perumahan Arya Wiraraja, tepatnya di Jalan Adi Poday, Dusun Manggaling, Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur, ludes terbakar.

Api dengan cepat melahap setengah lahan sejak pukul 08.00 WIB pagi sampai pukul 09.00 WIB, Sabtu (23/11). “Kebakaran terjadi sekitar pukul 08.00 pagi yang bermula dari arah timur,” teranh Miko (34), salah satu warga sekitar saat dikonfirmasi media ini.

Beruntungnya, sekitar pukul 09.30 WIB, satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) datang untuk memadamkan api yang sudah menyebar hampir keseluruhan lahan.

Selang beberapa menit, guna mempercepat pemadaman, satu unit mobil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep datang ikut membantu dalam memadamkan kebaran.

Sementara itu, Rahman Riadi, Kepala BPBD Sumenep menjelaskan, jika terjadinya kebakaran diduga disebabkan masyarakat yang membakar sampah.

“Sementara, informasi disebabkan karena adanya masyarakat yang membakar sampah dan tidak segera dipadamkan, sehingga merembet karena sekarang musim kemarau,” ungkapnya saat dihubungi maduraindepth.com.

Rahman mengatakan, akselerasi percepatan merembetnya api tersebut semakin meluas, sebab angin yang begitu kencang.

“Apalagi angin kencang, langsung besar jadinya,” tandasnya. (MR/AJ)