KPU Sumenep Lelang Kotak Suara Pemilu

0
30
Pekerja sedang mengeluarkan kotak suara berbahan alumunium yang akan dilelang oleh KPU Sumenep. (Maduraindepth/Hendra)

maduraindepth.com – KPU Sumenep melelang ribuan kotak suara Pemilihan Umum (Pemilu) yang berbahan alumunium. Kotak suara tersebut sudah tidak terpakai dan merupakan sisa Pemilu tahun 2014 silam.

Dari hasil pantauan media ini, para pekerja sudah mengeluarkan ribuan kotak suara dari gudang KPU Sumenep di Jalan Asta Tinggi, Desa Kebunagung, Kecamatan Sumenep, Jumat (19/04/2019).

Ketua KPU Sumenep, A. Waris mengatakan, lelang kotak suara dilakukan berdasar surat Sekretaris Jendral (Sekjen) KPU Republik Indonesia (RI) tentang penjualan barang milik negara berupa eks logistik Pemilu.

“Untuk kotak suara itu karena memang sudah tidak dipakai, kami sudah dapat surat dari Sekjen untuk menghapus Barang Milik Negara (BMN), yakni kotak suara,” katanya.

A. Waris menuturkan, sebenarnya kotak suara sudah mulai dilelang sekitar sebulan yang lalu setelah surat izin turun. “Tapi, itu tidak kami proses. Karena kesibukan mengurus Pemilu,” sambung dia.

Namun, kata dia, karena masih sibuk dengan tahapan Pemilu, KPU Sumenep memutuskan untuk menunda pelelangan kotak suara. “Setelah itu dilelang nanti masuk ke kas negara,” pungkasnya. (mr/ek)