Kepala Desa se Madura Berbondong-bondong ke Jakarta, Ini Tujuannya

Kepala desa se Madura
Sejumlah kepala desa bersiap berangkat ke Jakarta menggunakan bus, Senin (16/1). (Foto: Alimuddin/MID)

maduraindepth.com – Puluhan Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Sampang, Madura, serentak berangkat ke Jakarta Pusat, Senin (16/1) pagi. Rombongan para Kades dengan empat unit bus itu bertujuan untuk menggelar aksi dukungan terharap Revisi Undang-Undang (RUU) nomor 6 Tahun 2014 terkait perpanjangan masa jabatan Kades dari 6 tahun menjadi 9 tahun di depan Gedung DPR RI.

Pantauan maduraindepth.com di lokasi, para kepala desa sejak pagi sekitar 07.30 telah berkumpul di Jalan Wijaya Kusuma, tepatnya di depan Gedung DPRD Sampang. Kemudian rombongan berangkat sekitar 09.30 dengan mendapat pengawalan dari Patwal Satlantas Polres Sampang.

Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Sampang, Ahmad Mohtadin mengatakan, dalam pemberangkatan kali ini terdapat 69 Kades definitif di Sampang, Madura, yang pergi ke Jakarta. “Dari 132 kepala desa yang ikut, 69 masih aktif menjabat, sedangkan sisanya mantan kepala desa,” ujarnya.

Namun, kata Ahmad, atas kekompakan bersama, para mantan kepala desa yang masih memiliki peluang untuk mencalonkan kembali turut andil dalam gerakan. “Untuk aksi ini menuntut UU nomor 6 Tahun 2014 tentang perpanjangan jabatan masa Kades akan dilakukan besok, pada 17 Januari 2023,” jelasnya.

Dia menyebut, pemberangkatan ke Jakarta ini bersamaan dengan kepala desa se Indonesia dengan jumlah sekitar 30.000 Kades. Sementara pemberangkatan rombongan dari Sampang akan berbarengan dengan rombongan Kades se Madura, seperti Kabupaten Bangkalan, Pamekasan dan Sumenep.

Baca juga:  Helmy Yahya Undang Bupati Pamekasan Menjadi Pembicara

“Untuk jumlah Kades se Madura sekitar 800-an orang dengan armada 16 unit bus, termasuk Kabupaten Sampang,” pungkasnya. (Alim/AJ)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *